RAYA- Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Tadulako Tematik Halal Angkatan 108 yang berjumlah 66 orang telah hadir di 13 desa di wilayah Kecamatan Sirenja, Kabupaten , sejak Jumat, 28 Juni 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi, khususnya Pengabdian kepada Masyarakat. Pada hari Minggu, 30 Juni 2024, para mahasiswa langsung turun ke lapangan untuk membantu warga di Desa Dampal yang terdampak beberapa hari lalu.

Bencana alam yang melanda Desa Dampal mengakibatkan kerusakan pada bangunan serta peralatan rumah tangga dan elektronik. Lumpur masuk ke halaman rumah warga, kantor desa, dan rumah ibadah, menyebabkan kerusakan yang cukup parah. Beberapa rumah masih kosong karena lumpur yang belum sepenuhnya dibersihkan, sementara sebagian lainnya sudah dibersihkan oleh masyarakat setempat.

Program bakti di Desa Dampal telah direncanakan sebelumnya oleh Muhammad Muzamil (Koordinator Kecamatan KKN ), Kezia Gloria Hananiel Said (Sekretaris), Suriadi (Koordinator Desa Dampal), serta 12 mahasiswa koordinator desa lainnya.

Diskusi bersama aparat desa dan Camat Sirenja menghasilkan keputusan untuk melaksanakan bakti sosial yang melibatkan semua Mahasiswa KKN Untad Tematik Halal Angkatan 108 periode 2023-2024 dan masyarakat setempat.

Kegiatan ini dibimbing oleh beberapa dosen pembimbing lapangan (DPL) seperti Budi S.Pd., M.Pd., Dr. H. Yusdin Bin Mahmudin Gagaramusu, Lc., M.Ed., Dr. H. Syamsul Bahri Dg. Parani, SE., M.Si, dan Pasjan Satrimafitrah, S.Si., M.Si., Ph.D.

Kegiatan bakti sosial dimulai dari pukul 08.00 pagi hingga 11.30 siang. Mahasiswa KKN Untad dan masyarakat Desa Dampal bahu-membahu membersihkan halaman rumah dan rumah ibadah. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar.

Banyak rumah warga dan halaman kantor desa telah dibersihkan. Partisipasi aktif dari mahasiswa KKN Untad Tematik Halal Angkatan 108 dan masyarakat desa Dampal sangat membantu dalam mempercepat proses pembersihan.*ENG