RAYA – Sebagai upaya menyukseskan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap (P4GN), Bupati Poso dr. Verna Inkiriwang meluncurkan Desa/Kelurahan Bersinar (Bersih dari Narkoba) untuk Kelurahan Lawanga Tawongan dan Desa Malei Lage, di Kantor Badan Narkotika Nasional () Kabupaten Poso, Minggu (30/6/2024).

Kepala BNN Kabupaten Poso AKBP. Kahar Muzakkir, SH, MH menyatakan, Kelurahan dan Desa Bersinar diluncurkan saat momentum Peringatan Hari Anti Narkotika (HANI) Tahun 2024.

“Tadi sudah launching Kelurahan dan Desa Bersinar oleh Bupati Poso bersama Forkompinda,” kata Kepala BNN Poso AKBP. Kahar Muzakkir, SH, MH.

Kata Muzakkir, pada peringatan HANI tahun 2024, BNNK Poso telah melaksanakan kegiatan seperti pelayanan kesehatan masyarakat yaitu sunatan massal, dan senam sehat masyarakat.

Peringatan HANI tahun ini dihadiri Bupati Poso, Kajari Poso, Wakapolres Poso, serta para Kepala OPD lingkup Pemkab Poso.

Muzakir menegaskan bahwa BNNK Poso pada tahun 2024, lebih fokus pada pendekatan Soft Power Approach dengan strategi Rehabilitasi, Masyarakat, dan Pencegahan.

Termasuk program rehabilitasi bagi masyarakat yang telah terpapar narkoba.

“Untuk tahun 2024, BNN Poso berupaya mencapai target klien 20 orang. Saat ini dari Januari hingga Juni 2024, sudah mencapai 18 klien,” ungkap Muzakkir.

Sementara untuk Hard Power Approach memiliki strategi seperti Pemberantasan, pihak BNN Poso saat ini terus memback Up BNN Provinsi Sulawesi Tengah.

Namun demikian, seksi Berantas saat ini melalui tim asesmen terpadu telah melakukan upaya asesmen sebanyak 6 orang. Sementara untuk asesmen medis menangani 3 orang pasca terpapar narkoba.

“Dari berbagai kegiatan telah dilaksanakan menyerap anggaran sebesar Rp.12.480.000,” ucap Muzakkir. SYAM