RAYA – Satuan Tugas (Satgas) Operasi melalui Satgas II Preemtif kembali menggelar kegiatan peningkatan kemampuan Imam dan Pegawai Syara di salah satu hotel di Poso, Selasa (25/6/2024).

Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan peran Imam Masjid dan Pegawai Syara dalam menjaga kamtibmas dan mencegah radikalisme di wilayah Kabupaten Poso. Kegiatan yang dihadiri oleh puluhan orang Imam Masjid dan Pegawai Syara itu menghadirkan dua narasumber masing-masing, Prof. Dr. KH. Zainal Abidin selaku Ketua FKUB Provinsi Sulteng yang menyampaikan materi tentang Moderasi Beragama sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa dan H. Suhardi selaku Kepala KUA Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso yang menyampaikan materi tentang Peran Imam Masjid dan Pegawai Syara dalam Menangkal Paham Radikal dan Intoleransi.

Dalam sambutannya, Kasatgas II Preemtif Ops Madago Raya, AKBP Moh. Taufik, menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu program prioritas Satgas II Preemtif Ops Madago Raya untuk memelihara kamtibmas dan mencegah radikalisme di Sulawesi Tengah, khususnya di Kabupaten Poso. “Imam Masjid dan Pegawai Syara memiliki peran penting dalam menjaga kamtibmas dan mencegah radikalisme karena mereka memiliki pengaruh besar di tengah masyarakat,” kata AKBP Moh. Taufik.

Ia berharap, para Imam Masjid dan Pegawai Syara dapat menjadi ujung tombak dalam menangkal paham radikal dan intoleransi di wilayahnya. “Ilmu yang diperoleh dalam kegiatan ini diharapkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari di wilayah tempat tinggalnya,” harap AKBP Moh. Taufik.

Kegiatan itu disambut baik oleh para Imam Masjid dan Pegawai Syara. Mereka antusias mengikuti kegiatan dan merasa mendapatkan banyak manfaat. “Kami sangat berterimakasih kepada Satgas II Preemtif Ops Madago Raya yang telah melaksanakan kegiatan ini,” kata salah satu peserta kegiatan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kami dalam menangkal paham radikal dan intoleransi,” tambahnya.

Para peserta kegiatan juga berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Kegiatan peningkatan kemampuan Imam Masjid dan Pegawai Syara merupakan langkah penting dalam menjaga kamtibmas dan mencegah radikalisme di wilayah Kabupaten Poso.

Peran Imam Masjid dan Pegawai Syara sangatlah penting dalam upaya ini. Dengan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka, diharapkan dapat membantu dalam mewujudkan kondusifitas wilayah dan mencegah penyebaran paham radikal dan intoleransi.*/YAT