RAYA-324 orang Guru dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong mengikuti Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGT) Madrasah Tahun 2024, di dua titik lokasi yakni di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parigi dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Parigi.

Kegiatan pembukaan asesmen kompetensi di wilayah titik lokasi 1 di buka oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama kabupaten Parigi Moutong H Mappeasse.

Mappeasse dalam arahannya menyampaikan asesmen kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan  Madrasah mempunyai tujuan untuk  pemetaan kompetensi guru secara menyeluruh.

Asesmen ini sebutnya sangat penting, karena guru perlu dipetakan kompetensinya guna memastikan bahwa mereka memiliki profesionalisme yang baik.

Mappeasse mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) sekaligus amanah Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Uji Kompetensi Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pada Kementerian Agama ().

“Tujuannya adalah melakukan pemetaan kompetensi guru-guru dan sebagai acuan pembinaan terhadap guru dan tenaga kependidikan madrasah di masa yang akan datang,”sebutnya, Senin (24/6/ 2024).

Ia melanjutkan, bahwa program ini akan banyak memberikan manfaat kepada madrasah, baik guru, tenaga kependidikan, siswa, sarana dan prasarana, maupun lainnya.

Mappeasse menjelaskan Kementerian Agama melalui program AGTK yang berbasis dan untuk mendukung pembangunan nasional di bidang pendidikan, dalam hal ini peran para guru, kepala madrasah dan pengawas, untuk selalu meningkatkan tugas dan kewajibannya secara profesional.

“Kemenag juga akan terus melakukan peningkatan SDM di madrasah.  Dengan begitu, maka perluasan peningkatan SDM guru dan tenaga kependidikan bisa tercapai,” tegasnya.

Kepala Seksi Pendidikan Islam ini berharap agar para peserta mengikuti asesmen ini dengan sungguh-sungguh sehingga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, sehingga dapat lebih meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di lingkungan Madrasah yang ada di kabupaten Parigi Moutong.

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia yang diikuti 440.000 peserta.

Khusus di kabupaten Parigi Moutong AGTK di ikuti 324 orang, yang dibagi pada dua titik lokasi. Yakni titik Lokasi 1 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parigi diikuti 169 orang peserta dan titik lokasi 2 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Parigi di ikuti 155 orang peserta.

Adapun waktu pelaksanaannya selama tiga hari, dimulai dari tanggal 24 sampai dengan 26 Juni 2024. Para peserta terdiri dari Guru, Kepala Madrasah dan Pengawas madrasah lingkup Kabupaten Parigi Moutong. *ENG