RAYA – Bupati Poso, dr. Verna GM Inkiriwang menyatakan harapan serta  optimismenya terhadap sektor yang mampu memberikan pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Poso.

Hal penting ini disampaikan Bupati Verna saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Festival Agribisnis yang digelar di lapangan Kelurahan Mapane, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso dalam rangka memperingati Hari Krida Pertanian yang jatuh pada tanggal 20 Juni 2024.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menegaskan Festival Agribisnis yang diselenggarakan bukan sekadar perayaan semata, namun juga sebuah wujud nyata dari komitmen semua pihak untuk terus mengembangkan potensi pertanian di Kabupaten Poso.

“Melalui festival ini, kita tidak hanya ingin memamerkan hasil-hasil dari usaha dan kerja keras para kita, tetapi juga ingin menjembatani antara produsen dan konsumen dalam sebuah pasar yang dinamis dan berdaya saing yang tentunya berujung pada kesejahteraan petani kita,” terang Bupati Verna.

Lebih lanjut Bupati Verna mengatakan, para petani merupakan tulangpunggung pertanian daerah telah berjuang keras untuk menghasilkan produk-produk unggul yang layak dipamerkan di festival ini.

“Kehadiran mereka di sini bukan hanya sebagai peserta, tetapi juga sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang layak kita beri apresiasi setinggi-tingginya,”jelasnya.

Olehnya, Bupati Verna mengajak para petani agar  menjadikan kegiatan festival agribisnis sebagai momentum untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas hasil pertanian kita.

“Mari kita bersama-sama menciptakan terobosan-terobosan baru yang dapat membawa pertanian di daerah kita menuju arah yang lebih baik dan lebih memberikan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Poso,”katanya.

Menariknya, usai memberikan sambutan dan membuka acara festival, Bupati Verna memulai sesi tanya jawab dari petani kepada pemerintah daerah Kabupaten Poso.

Memanfaatkan kesempatan tersebut, enam orang petani dari berbagai desa yang ada di Kecamatan Poso Pesisir bersaudara bertanya, mulai dari masalah irigasi, pengadaan pupuk bersubsidi, hingga pengadaan bibit bantuan, sempat menjadi curhatan warga petani.

Terkait semua keluhan, Bupati Verna langsung mengkoordinasikan keluhan petani  bersama  OPD yang hadir pada kegiatan Festival tersebut, untuk dilakukan berbagai upaya atau mencari solusi terkait keluhan warga petani.

“Makanya dengan dialog ini, saya bisa mendapat yang ada di lapangan. Olehnya, bantu kami dengan berbagai informasi, sehingga ke depan kami dapat mengarahkan berbagai kebijakan yang berpihak pada kepentingan masyarakat petani,” ungkap Bupati Verna.

Kadis Pertanian Kabupaten Poso, Mustafa Abd. Tohang pada kesempatan itu menyatakan, jika festival ini merupakan momentum untuk mendorong petani lebih termotivasi dalam menggarap lahan serta menghasilkan produk yang berkualitas.

Selain kegiatan Festival Agribisnis, merupakan bentuk apresiasi kepada para petani dan juga bagian untuk menjembatani antara petani dan pihak pengusaha bisa pertanian yang nantinya bermuara pada  hubungan yang saling menguntungkan.

“Olehnya pada kesempatan ini, kami menampilkan hasil produk pertanian yang berasal dari berbagai desa/kelurahan yang berada di Kecamatan Poso Pesisir bersaudara . Dimana produk yang kami tampilkan merupakan produk atau komoditas unggulan yang dihasilkan petani kita seperti, padi, jagung, kakao, durian dan kedele,” pungkas Plt Kadis Pertanian Kabupaten Poso ini. *SYAM