RAYA –Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jajaran Kanwil merayakan Idul Adha 1445 Hijriah dengan semangat berbagi dan kepedulian dengan menyembelih 47 ekor hewan kurban, Senin (18/6/2024).

Diketahui, Hari Raya Idul Adha 1445 H tahun ini membawa kebahagiaan tersendiri bagi seluruh  Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan jajaraan Kanwil Sulteng karena turut serta dalam penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban.

Berdasarkan laporan yang diterima, seluruh UPT menyembelih total 47 ekor hewan kurban yang terdiri dari 33 ekor sapi dan 14 ekor kambing dengan rincian diantaranya, Lapas 10 ekor sapi dan 3 ekor kambing, 1 ekor kambing, Lapas Luwuk 3 ekor sapi, Lapas Tolitoli 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing, Lapas Ampana 1 ekor sapi, Lapas Kolonodale 3 ekor sapi, Lapas Parigi 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing, Lapas Leok 2 ekor sapi, LPP Palu 5 ekor sapi, Rutan Palu 4 ekor sapi, Rutan 1 ekor sapi, Rutan Poso 2 ekor kambing, Bapas Palu 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing, Bapas Luwuk 1 ekor kambing dan Rupbasan Palu 1 ekor kambing.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar menyampaikan, apresiasinya terhadap kegiatan penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan oleh seluruh UPT tersebut.

“Saya sangat bangga dan berterimakasih kepada semua UPT yang telah berpartisipasi dalam kegiatan kurban ini. Semangat kebersamaan dan kepedulian sosial seperti ini harus terus kita jaga dan tingkatkan,” ujarnya.

Daging kurban tersebut, kemudian didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan, dengan harapan akan membawa berkah dan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat yang ada di wilayah Sulawesi Tengah.

Sementara, di hari yang sama Dewan Kemakmuran (DKM) Al-Ikhlas, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng), menyelenggarakan pemotongan hewan kurban dengan penuh semangat berbagi dan kepedulian. Kegiatan itu berlangsung di halaman belakang Kantor Wilayah setempat.

Diawali dengan prosesi penyembelihan hewan kurban, dilakukan dengan tetap berpedoman pada syariat Islam serta memperhatikan Surat Edaran Menteri Nomor 03/SE/PK.300/M/5/2022 tanggal 18 Mei 2022 tentang pelaksanaan kurban dan pemotongan hewan dalam situasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar selaku Pembina DKM Al-Ikhlas Kanwil Kemenkumham Sulteng menyampaikan, perayaan Idul Adha ini adalah momen yang sangat penting bagi kita semua untuk berbagi dan menunjukkan empati dan rasa kepedulian sosial di masyarakat.

“Semoga kegiatan ini menjadi sarana untuk meningkatkan kebersamaan dan solidaritas diantara kita semua. Saya mengapresiasi kerja keras DKM Al-Ikhlas dan partisipasi seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kurban ini, semoga amal ibadah kurban kita ini diterima oleh Allah SWT,” ujar Kakanwil Hermansyah Siregar.

Daging kurban kemudian didistribusikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan, termasuk para pegawai outsourcing, petugas kebersihan dan warga kurang mampu di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulteng.

Salah satu penerima daging kurban, Minhar menyampaikan rasa bahagia dan terima kasih kepada DKM Al-Ikhlas karena telah berbagi di momen mulia ini. “Alhamdulillah, bantuan daging kurban ini sangat berarti bagi kami. Semoga seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng mendapatkan berkah dan pahala yang berlimpah, Aamiin,” katanya.

Penyembelihan hewan kurban DKM Al-Ikhlas ini tidak hanya menjadi ajang ibadah, tetapi juga mempererat tali silaturahmi dan membangun rasa kepedulian sosial, karena dengan semangat gotong royong dan berbagi, diharapkan kebahagiaan Idul Adha dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Acara yang berlangsung dengan lancar ini diakhiri dengan doa bersama dan ucapan selamat Idul Adha dari seluruh jemaah. Semoga kegiatan positif seperti ini terus berlanjut di masa-masa yang akan datang, membawa berkah dan manfaat bagi semua, Insya Allah.*/YAT