RAYA – Bupati Poso, dr. Verna GM Inkiriwang bersama sejumlah pejabat Forkopimda menggelar panen raya padi sawah di Kecamatan Poso Pesisir, Kamis (13/6/2024).

Kegiatan panen raya yang dikonsentrasikan di zona persawahan masyarakat di seputaran jalan Poros Pantango, Kelurahan Kasiguncu, kecamatan Poso Pesisir itu dihadiri para yang tergabung dalam sejumlah kelompok tani se-kecamatan Poso Pesisir.  Tampak juga para penyuluh serta jajaran Dinas Kabupaten Poso serta para pejabat lingkup OPD Poso.

Dalam sambutannya, Bupati Poso Verna GM Inkiriwang mengatakan, kepedulian dan perhatian besar telah dicurahkan oleh pemerintah Daerah dalam rangka peningkatan kesejahteraan petani melalui berbagai bantuan seperti benih jagung seluas 500 ha akan terdistribusi pada 28 kelompok tani di Kasiguncu, Tabalu, Betania, Masamba, Lape, Mapane, Toini, Tokorondo, Bega, Towu, Masani, Pinedapa dan Desa Saatu. Selain itu, bantuan berupa benih padi dan saprodi seluas 618 ha juga dikucurkan di 35 kelompok tani di Kasiguncu, Masamba, Mapane, Masani, Pinedapa, dan Saatu.

Selanjutnya, bantuan berupa saprodi penangkaran padi untuk kelompok tani di Desa Saatu, yaitu kelompok Teambaita seluas 10 ha, sejumlah  Rp25.000.000,-  (melalui langsung) serta bantuan alsintan pasca panen (combine harvester), dan bantuan bibit durian dan alpukat di beberapa desa dan kelompok tani yang ada di Kecamatan Poso Pesisir.

“Harapan kami, semua bantuan yang diberikan ini dapat memberi manfaat untuk peningkatan masyarakat khususnya petani, baik itu untuk ditabung maupun untuk dijadikan modal pada musim tanam berikutnya,” ungkap Bupati Poso.

Lebih jauh, Bupati Verna mengatakan,  pemerintah daerah akan terus berupaya membantu masyarakat petani, bukan sekedar dalam konteks bantuan benih maupun peralatan, bahkan dalam perlindungan berupa jika situasi gagal panen dan hal- hal yang tidak terduga terjadi pada para petani.

Bahkan bupati  menginstruksikan agar semua komponen terkait, agar senantiasa membantu masyarakat petani dalam berbagai urusan kepentingan mereka.

“Kepada semua pihak saya berharap untuk senantiasa membantu dan mendukung petani dalam melaksanakan berbagai aktivitas dan senantiasa memberikan kemudahan,” jelas Bupati Poso.

kepada masyarakat petani merupakan hal penting yang diberikan pemerintah  daerah, mengingat peran strategis dan vital yang dilakukan oleh masyarakat petani.

“Yang pasti Bupati Poso akan terus memberikan perhatian dan dukungan yang optimal kepada petani karena pernah penting petani itu sendiri, terutama pemenuhan terhadap kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat,” ucap Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Poso, Mustafa Abd Tohan. SYM