RAYA – Dalam rangka mendukung terciptanya daya tarik destinasi wisata Sulawesi Tengah (Sulteng) khususnya destinasi Negeri Seribu Megalit, Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah melaksanakan peningkatan SDM pengelolaan Homestay/Penginapan di Kabupaten Poso tepatnya di Danau Poso Resort yang berlangsung pada tanggal 30-31 Mei 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah, Dra. Diah Agustiningsih, M.Pd dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan, sumber daya manusia semakin ketat, menuntut kualitas dan kuantitas serta profesionalisme yang harus terus ditingkatkan.

Menurutnya, dalam pembangunan kepariwisataan memerlukan peran aktif sumber daya manusia, baik pelaku usaha, tenaga kerja maupun masyarakat.

Diah Agustiningsih juga memaparkan, salah satu usaha jasa pariwisata adalah layanan akomodasi, atau tempat menginap yang termasuk didalamnya adalah Homestay/Penginapan yang merupakan salah satunya strategi dari pemerintah untuk menggalakan pariwisata berbasis masyarakat.

Sesuai arahan Gubernur Sulawesi Tengah terkait Provinsi Sulawesi Tengah adalah Negeri Seribu Mengalit. Dimana kita sebagai pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat perlu berkolaborasi, agar momentum pencanangan kemarin tidak sia-sia, maka perlu ada tindak lanjut yang perlu dilakukan. Salah satunya kita dapat menarik perhatian para peneliti dan asing untuk berkunjung ke daerah Poso khusunya Lore Barat maupun Lore Selatan.

“Untuk itu kita perlu menyiapkan SDM yang berdaya saing baik dalam bidang homestay/penginapan, rumah makan maupun jasa transportasi. Hal penting dalam membangun homestay tidak perlu cukup dengan sederhana tetapi ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola homestay yaitu, pertama kebersihan dan kedua toilet yang memadai,” katanya.

Diketahui, beberapa pejabat daerah dan narasumber hadir pada kegiatan itu yaitu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Dinas Pariwisata Poso, Camat Lore Selatan, Pejabat  struktural, Pejabat fungsional lingkup Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah dan Poso, dan dua narasumber yaitu Mardinyah selaku pemilik Hannah Homestay dan Dadang Setiawan selaku pemilik Triple R Homestay.

Selain itu, pelatihan pengelolaan Homestay/penginapan di Tentena Kabupaten Poso kali itu diikuti oleh 50 orang terdiri dari 25 peserta dari Lore Barat dan 25 peserta dari Lore Selatan terpantau lancar.*/YAN