RAYA – Bhabinkamtibmas Kelurahan Lembomawo, Brigpol Fernando Timpareng, melaksanakan kegiatan deteksi dini sekaligus sambang warga kepada Ibu Ros, warga RT 04 RW 01, di Kelurahan Lembomawo, Kecamatan Poso Kota Selatan, Kabupaten Poso, Minggu (2/6/2024).

Kegiatan sambang ini merupakan salah satu tugas rutin yang dilakukan oleh anggota Bhabinkamtibmas untuk menjalin tali silaturahmi dengan warga binaan. Selain itu, sambang juga bertujuan menyerap yang berkembang di masyarakat serta menyampaikan pesan-pesan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) untuk menciptakan situasi yang aman.

Dalam kegiatan tersebut, Brigpol Fernando Timpareng mendengarkan langsung keluhan dan masukan dari masyarakat tentang situasi keamanan yang mengganggu warga. Hal ini memungkinkan Bhabinkamtibmas untuk memberikan imbauan kamtibmas secara langsung, sehingga masyarakat dapat menjadi mitra kepolisian yang aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka. Brigpol Fernando juga memberikan pemahaman kepada warga agar tidak mudah terpengaruh oleh berita yang belum tentu kebenarannya.

Di tempat terpisah, Kapolsek Poso Kota, AKP Supriadi Bakri, SH., menyatakan bahwa tugas-tugas kepolisian tidak hanya sebatas penegakan hukum, tetapi juga sebagai pengayom, pelindung, dan pelayan masyarakat.

“Hal ini bertujuan agar tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, khususnya di wilayah hukum Poso Kota. Bertemu dan berbincang santai dengan warga sangat bermanfaat dan lebih tepat sasaran dalam menyampaikan pesan kamtibmas, mengajak masyarakat untuk bisa menjadi bagi dirinya sendiri serta lingkungannya masing-masing,” ujar AKP Supriadi.

Dengan adanya kegiatan sambang ini, diharapkan hubungan antara kepolisian dan masyarakat semakin erat serta mampu menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif di Kelurahan Lembomawo. SYAM