RAYA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SD se Kabupten Parigi Moutong yang dipusatkan Kecamatan Parigi Parigi, 27-29 Mei 2024.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong, Zulfinasran, SSTP, MAP mewakili di lapangan sepakbola Permata Kelurahan Masigi Kecamatan Parigi, Senin (27/5/2024).

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala Bidang Manajemen Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong, Ibrahim, SE, MAP dalam laporannya mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk mengembangkan talenta peserta didik dalam bidang olahraga.

Selain itu, untuk membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat nasional maupun internasional sejak usia dini. Tujuan lainnya kata Ibrahim adalah, mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri dan rasa tanggungjawab. Mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar berolahraga. Selanjutnya, menumbuhkembangkan nasionalisme dan cinta tanah air. Kemudian menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik sekolah di seluruh Indonesia serta membentuk adab, akhlak atau karakter peserta didik.

Adapun cabang lomba yang dipertandingkan terdiri bidang olahraga terdiri dari enam cabang yakni atletik, renang, bulutangkis, karate, silat dan senam.

Sedang bidang seni melombakan lima cabang yakni menyanyi solo, tari kreasi, kriya anyam, gambar bercerita dan pantomim.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah siswa siswi sekolah dasar perwakilan dari 23 kecamatan dengan jumlah peserta O2SN sebanyak 276 orang dan peserta FLS2N sebanyak 115 orang sehingga total peserta berjumlah 391 orang serta official 23 orang,”ujar Ibrahim.

Selanjutnya para juara dalam kegiatan tersebut akan mewakili Kabupaten Parigi Moutong pada tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang akan dilaksanakan tanggal 3-6 Juni 2024 di .

Sementara itu Pj Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo, SE, MSA dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda, Zulfinasran mengatakan, kegiatan tersebut menjadi momen yang tepat dan sangat bagi anak-anak yang menjadi peserta untuk lebih mengembangkan talenta, dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan.

“Saya berpesan kepada anak-anakku sekalian, bertandinglah dengan penuh semangat dan junjung tinggi sportivitas untuk menunjukkan , tercepat, terkuat dan terindah,”ujar Zulfinasran.

Kepada para wasit dan juri diharapkan bersikap professional, objektif dan menjunjung tinggi norma-norma sportivitas dalam memimpin pertandingan.

Pembukaan kegiatan tersebut berlangsung meriah yang diawali dengan defile para peserta diiringi penampilan kelompok drum band Tadulako dari SD Inpres I Inti Bantaya Kecamatan Parigi. AJI