RAYA – Yayasan Sikola Mombine bekerja sama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) menggelar kegiatan peningkatan kapasitas untuk Kelompok Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Kota di Swissbell Hotel 16-17 Mei 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh 32 orang aktivis PATBM, 8 orang perwakilan kelurahan di wilayah , Camat Tawaeli dan Kepala Dinas dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Palu.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas DP3A Kota Palu, Yudhi Riyani Firman, menegaskan pentingnya perlindungan anak yang dimulai dari lingkungan terdekat.

“Sebelum melindungi anak-anak di Kota Palu, aktivis PATBM harus memulai dari lingkungan terdekat atau keluarganya terlebih dahulu,” ujar Kadis DP3A Kota Palu

Manajer Wahana Visi Indonesia, Agustinus Polabi, turut menyampaikan bahwa PATBM yang selama ini telah dilakukan berhasil menciptakan champion-champion dari masyarakat yang punya visi misi yang sama dalam memperjuangkan kesejahteraan anak dan kelompok rentan.

“Anggota PATBM semakin memiliki kapasitas yang baik dalam pembuatan program kerja untuk pengusulan proposal ke pemerintah, termasuk memiliki kapasitas dalam berjejaring dengan lembaga di luar pemerintah. Selain itu, anggota PATBM bisa memiliki proses administrasi yang lebih baik dalam setiap kegiatan yang sudah dilakukan,” ujar Agustinus

Sementara itu, Program Manager Yayasan Sikola Mombine, Fiani Rizky turut menekankan pentingnya dukungan untuk keberlanjutan PATBM.

“PATBM diharapkan mampu berdiri sendiri dengan program-program yang telah disusun dan didukung oleh anggaran dari pemerintah setempat. Dengan dukungan ini, PATBM diharapkan dapat terus melaksanakan tugas-tugas perlindungan anak secara berkelanjutan dan efektif.” ungkap Fiani

Fiani menambahkan, dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan untuk mewujudkan lingkungan yang aman dan melindungi hak-hak anak di Kota Palu. Seluruh pihak yang berkepentingan diharapkan dapat mendukung upaya perlindungan anak yang efektif dan berkelanjutan melalui penguatan kelompok PATBM.

Menurut Fiani, peningkatan kapasitas untuk Kelompok PATBM bertujuan meningkatkan kapasitas dan kemandirian PATBM, membantu penyusunan program kerja, serta mengintegrasikan program PATBM ke dalam program di tingkat kecamatan dan kelurahan.

Dengan adanya kegiatan ini, peserta diharapkan dapat memiliki program kerja yang matang dan layak untuk diusulkan kepada pemerintah kelurahan dan kecamatan, sehingga dapat memperoleh dukungan anggaran yang diperlukan. *WAN