RAYA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 melalui upacara bendera di halaman Kantor Bupati Parigi Moutong,Senin (20/5/2024). Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan upacara setiap tanggal 17 bulan berjalan.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintah dan Kesra, Mawardin, bertindak selaku pembina upacara sekaligus membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Budi Arie Setiadi.

Dalam sambutannya Menkominfo mengatakan, kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban hari ini. Inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner.

“Banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi di zaman sekarang ini. Dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban. Di titik ini gambarannya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia Emas,”ujar Menkominfo.

Lanjut Menkominfo, bonus demografi menunjukkan 60 persen penduduk Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi-inovasi baru bagi kemajuan teknologi dan pertumbuhan , sebagaimana telah berkali-kali dinyatakan oleh Presiden Joko Widodo bahwa peluang Indonesia menjadi negara maju ada dalam 10 hingga 15 tahun ke depan dengan memaksimalkan bonus demografi.

Masih menurut Menkominfo, bonus demografi yang dimiliki Indonesia haruslah dikelola dengan bijaksana. Salah satu yang berpeluang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi . Tingkat penetrasi di Indonesia telah mencapai 79.5 persen dari total populasi. Ini diperkuat dengan potensi ekonomi digital yang diperkirakan meroket hingga 1 triliun usd pada tahun 2030.

Lanjut Menkominfo, dalam aspek bisnis, , dan ekonomi, dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis. Sementara itu, dalam aspek sosial dan lingkungan, transformasi digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Potensi-potensi ini tentu mendukung percepatan transformasi digital, sekaligus membuka peluang bagi Indonesia untuk keluar dari middle-income trap. Perekonomian Indonesia harus tumbuh di kisaran 6 hingga 7 persen untuk dapat mencapai target negara berpendapatan tinggi atau negara maju pada tahun 2045. */AJI