RAYA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong meminta pelaksanaan iven nasional Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (Potradnas) dan Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) yang akan dilaksanakan di Kabupaten Parigi Moutong diundur pelaksanaannya. Sedianya kegiatan tersebut akan dilaksanakan tanggal 4-6 Mei 2024.

Permintaan pengunduran jadwal dua kegiatan tersebut disampaikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo ketika melakukan audiensi ke Sekretaris Deputi Bidang Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Aris Subiono di Kantor Kemenpora Jakarta, Rabu (8/5/2024).

Richard menjelaskan, permintaan pengunduran jadwal kegiatan itu karena bertepatan dengan pelaksanaan ujian anak sekolah tingkat SD sampai dengan SMP. Sementara tujuan utama kegiatan pelaksanaan Tarkam adalah mengumpulkan massa dan mensosialisasikan olahraga kepada masyarakat dan anak- anak serta insan Pendidikan. Karenanya Richard meminta pelaksanaan kegiatan tersebut setelah ujian sekolah.

“Tujuan utama kami kemari untuk menyakinkan kepada pihak Kemenpora RI perihal kesiapan kami sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional  dan Kejuaraan Antar Kampung. Akan tetapi meminta waktu pelaksaannya diundur yang semula ditetapkan tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2024 karena bertepatan dengan hari ujian anak – anak kami mulai tingkat SD sampai dengan SMP. Kami minta pelaksanaannya setelah ujian sekolah,”ujarnya.

Richard menyampaiakan ucapan terima kasih dan apreaiasi yang tinggi kepada Kemenpora atas kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten Parigi Moutong sebagai tuan rumah pelaksanaan iven olahraga tingkat nasional.

“Kami dari jajaran Pemda Parigi Moutong intinya ingin menyukseskan kegiatan ini dengan sebaik- baiknya. Insya Allah kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, dan masyarakat bisa menerima serta menjadikan olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan. Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi buat Asisten Deputi (Asdep) dan seluruh jajarannya telah menerima kami, salam hormat buat Deputi kami mengharapkan kehadirannya di Parigi Moutong,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Aris Subiyono menjelaskan surat permohonan pengunduran jadwal pelaksanaan kegiatan Potradnas dan Tarkam telah diterima.

Selanjutnya akan diskusikan bersama tim kemudian akan dilaporkan ke Deputi.

“Setelah kami mendengar penjelasan langsung dari Bapak mengenai alasan penundaan kegiatan Potradnas dan Tarkam, selanjutnya kami dan tim akan membahas lebih lanjut. Terus terang banyak teman-teman dari daerah lain yang menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah pelaksanaan Potradnas dan Tarkam, jadi kebetulan kami bersama tim yang saat ini hadir ingin melihat langsung paparan sejauh mana kesiapan Pemda Parigi Moutong,”ungkap Aris Subiyono.

Selanjutnya Pj Bupati Parigi Moutong Bersama rombongan bersilaturrahmi ke Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda dan diterima langsung Sekretaris Deputi, Suryati.

Dalam pertemuan tersebut Suryati meminta agar pelaksanaan Potradnas dan Tarkam lebih meriah dari tahun sebelumnya sehingga bisa berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Parigi.

Turut hadir mendampingi Pj Bupati, Wakil Ketua I DPRD Parigi Moutong, Faisan Badja, Wakil Ketua II, Alfres Tonggiroh, Sekretaris Daerah, Zulfinasran, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Yusnaeni, Plt Kadis Disporabud, F. Eny Susilowati, Kabid IKP Diskominfo, Kabid Olahraga Disporabud dan Bagian Prokopim. */AJI