RAYA – Komisi Pemilihan Umum () Kabupaten Parigi Moutong () melaksanakan  rapat pleno terbuka dengan agenda  menetapkan perolehan kursi Partai Politik (Parpol) dan menetapkan calon terpilih anggota DPRD Parmout hasil , Kamis malam (2/5/2024).

PDI Perjuangan menjadi pemenang pada Pemilu legislatif DPRD Parmout dengan perolehan total suara sebanyak 32.977 meraih tujuh kursi. Peringkat kedua diraih oleh Partai Nasdem dengan total suara 31.935 meraih lima kursi, Partai Golkar di peringkat ketiga dengan jumlah total suara sebanyak 28.683 meraih lima kursi. Dengan demikian, dipastikan mendapatkan jabatan kursi Ketua DPRD Parmout sedangkan Partai Nasdem dan Golkar menempati posisi Wakil Ketua I dan II.

Ketua , Ariyana yang memimpin rapat pleno tersebut mengatakan, pelaksanaan rapat pleno tersebut berdasarkan PKPU Nomor 6 Tahun 2024 tentang Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilu Tahun 2024, serta surat registrasi dari Mahkamah Konstitusi yang menyatakan tidak terdapat Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Kabupaten Parmout.

“Berdasarkan surat registrasi MK tersebut, kami melaksanakan rapat pleno tanggal 2 Mei 2024 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia bagi daerah yang tidak ada PHPU-nya,”ujar Ariyana.

Selain PDIP, Nasdem dan Golkar, parpol lain yang meraih kursi di DPRD Parmout adalah, Partai Gerindra lima kursi, empat kursi, Perindo empat kursi, tiga kursi, Hanura dua kursi, dua kursi, dua kursi dan PPP satu kursi. AJI