RAYA – Bupati Morowali Utara, Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS lakukan panen perdana komoditas Udang Vaname di Area Tambak Kelompok Mutiara Laut Desa Ungkea, Kecamatan Petasia Timur, Selasa (16/04/2024).

Budidaya Udang Vaname yang menggunakan sistem Kluster Tambak ini ternyata sangat cocok dilakukan sehingga dapat menghasilkan komoditas Udang sebesar kurang lebih 3,5 Ton di area seluas kurang lebih 6 Hektar tersebut.

Sebelum melakukan panen, terlebih dahulu mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementerian Kelautan, khususnya Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) yang telah memberikan bantuan dan juga bimbingan teknis kepada para petambak sehingga panen perdana ini dapat dilakukan.

Bupati Delis mengaku gembira sekaligus memberikan apresiasi atas keberhasilan Budidaya Udang Vaname ini yang tidak lepas dari kontribusi seluruh pihak, baik dari pihak BPBAP, Dinas Perikanan sampai dengan para petambak dari Kelompok Tani Tambak Mutiara Laut Desa Ungkea.

“Semoga ini menjadi awal yang baik bagi kita di Morowali Utara ini untuk mewujudkan swasembada udang untuk kebutuhan daerah ini dan juga untuk memenuhi kebutuhan daerah lain bahkan dapat di ekspor sampai ke luar negeri”, ujar Bupati.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Dinas Perikanan Morut, Yunber Bamba S.Pi dihadapan awak media mengatakan bahwa Udang Vaname ini bukanlah satu-satunya komoditi yang akan dibudidaya di Kabupaten Morowali Utara.

Kedepan, komoditi lainnya seperti Ikan Bandeng, Kakap Putih, Ikan Nila dan juga Rumput Laut akan menjadi komoditi lainnya yang akan dibudidaya. Hal ini dilakukan mengingat masih luasnya wilayah Desa Ungkea yang dapat dijadikan tempat untuk budidaya berbagai komoditi tersebut.

“Kita harus mengembangkan seluruh komoditi yang ada secara terpola dan terstruktur agar hasilnya dapat terlihat nanti”, ucap Kadis Perikanan Morut.

Setelah melakukan panen Udang Vaname, Bupati Delis menyempatkan diri untuk meninjau lokasi Kluster Tambak Modern yang ada.  VAN