RAYA-Direktur Keuangan , Bayu Rafisukmawan, turut serta melepas keberangkatan penumpang peserta Kementerian Perhubungan dengan bus dari Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat. Pelepasan dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada Sabtu (6/4/2024).

Mudik gratis Kementerian Perhubungan memberangkatkan total pemudik sebanyak 40.088 penumpang, atau naik 62,33 persen dari tahun lalu yang berjumlah 24.368 penumpang. Khusus yang diberangkatkan dari Terminal Jatijajar Depok,  sebanyak kurang lebih 7.640 penumpang menggunakan 187 unit bus.

Bayu  menyampaikan, mudik  gratis  sebagai salah  satu  bentuk  kepedulian pemerintah melalui berbagai pihak, diharapkan dapat membantu meringankan beban finansial, khususnya bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah. “Ini akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat karena dapat mudik dengan kendaraan yang aman dan nyaman, tanpa harus mengeluarkan biaya,” ujarnya.

Selain memberikan bantuan dari sisi , penyelenggaraan mudik gratis juga diharapkan dapat menekan kasus kecelakaan lalu lintas pada saat momen . Oleh karena itu, Jasa Raharja menekankan pentingnya kesadaran akan keselamatan berlalu lintas dari seluruh pihak.

“Ketika perjalanan mudiknya sudah aman dan nyaman, kami juga berharap saat bermobilisasi di kampung halamannya masing-masing, masyarakat tetap berkendara dengan tertib dan patuh terhadap aturan lalu lintas,” imbuh Bayu.

Sementara itu, dalam sambutannya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyatakan, program mudik gratis merupakan upaya Kemenhub mendorong perjalanan mudik yang berkeselamatan. “Saya mengapresiasi mudik gratis bukan hanya dari Kemenhub, tapi , Kepolisian dan swasta juga. Kalau kita bersama-sama melakukan ini, maka mudik yang berkeselamatan yang tidak menggunakan akan terjadi,” ujarnya. 

Program mudik gratis, lanjut Menhub, dapat menambah kebahagiaan dan memberikan manfaat bagi masyarakat yang ingin bersilaturahmi di kampung halaman. “Arahan Presiden tepat. Dan saya bersyukur melihat antusiasme masyarakat terhadap program ini,” ungkapnya.

Turut hadir dalam pelepasan tersebut, antara lain Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat, Suharto, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).*ENG