RAYA- Kepala PT Cabang Sulawesi Tengah, Teguh Afrianto, mengimbau kepada masyarakat yang ingin melaksanakan mudik di Hari Raya Idul Fitri 1445 H, agar menggunakan moda transportasi umum resmi, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di sepanjang perjalanan menuju tujuan mudik.

Mengingat ada sejumlah keuntungan jika memilih menggunakan moda tranportasi umum resmi, diantaranya mengurangi volume kendaraan, dan sebagai penumpang tidak perlu menahan ngantuk sepanjang perjalanan serta dapat beristirahat di dalam kendaraan, berikutnya jika terjadi kecelakaan dapat melakukan klaim ke PT Jasa Raharja.

Namun jika tidak menggunakan moda transportasi umum resmi dan mengalami kecelakaan ringan maupun fatal, maka tidak dapat melakukan klaim ke PT Jasa Raharja. “Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat agar menggunakan moda transportasi umum yang resmi,”sebutnya, di sela-sela buka puasa bersama di kantor PT Jasa Raharja Sulawesi Tengah, Jalan Kartini, Kota , Kamis (4/4/2024).

Masyarakat perlu mengetahui, jika Sulawesi Tengah termasuk provinsi di Indonesia yang memiliki tingkat kecelakaan lalu lintas cukup tinggi dan tingkat fatalitas korban meninggal dunia juga sangat tinggi, hampir satu hari satu orang yang mengalami kecelakaan dan meninggal dunia.

Untuk Bulan Januari 2024 hingga Maret 2024 saja, PT Jasa Raharja Sulawesi Tengah telah menyerahkan santunan sebesar Rp 6.810.815.286 dengan korban kecelakaan sebanyak 287 jiwa, dari data tersebut yang meninggal dunia 70,09 persen dan luka-luka 29,90 persen.

“Dari data demografi korban meninggal dunia yang telah diserahkan santunannya maka tertinggi didominasi di wilayah Parigi Moutong dengan santunan yang diserahkan sebanyak Rp950.000.000,”jelasnya.

Sekaitan dengan menghadapi PAM Lebaran 1445 H tahun 2024 ini, PT Jasa Raharja Sulawesi Tengah akan menyediakan personil yang ada untuk melakukan pemantauan korban kecelakaan lalu lintas, dan siap melakukan proses penyerahan santunan. “Kami siap untuk melayani masyarakat, bahkan kantor kami buka setiap hari, sekalipun itu hari libur lebaran,”sebut Teguh.

Selain itu, PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tengah juga menyediakan program pelayanan kesehatan gratis di setiap terminal dan bandara, serta pemasangan spanduk imbauan tertib berlalu lintas sebanyak 130 buah yang terpasang di titik-titik rawan laka dan keramaian, sebagai sarana dan imbauan kepada masyarakat. ENG.