RAYA – Dalam rangka pelaksanaan Operasi Ketupat Tinombala untuk pengamanan hari raya Idul Fitri 1445 H, Parigi Moutong () menyiapkan 13 pos terdiri dari tujuh pos pengamanan, dua pos pelayanan dan empat pos pantau arus mudik dan arus balik . Sedangkan jumlah personil yang diturunkan oleh Polres Parmout adalah sebanyak 110 orang.

“Jadi totalnya ada 13 pos yang kami siapkan di wilayah Kabupaten Parigi Moutong. Jumlah personil yang dilibatkan untuk khusus operasi  itu ada 110 personil. Tetapi didukung dengan kegiatan kepolisian, didukung sama teman-teman TNI dan didukung sama instansi terkait,” ujar Kapolres Parmout, AKBP Jovan Reagan Sumual, SH, SIK, MH, M. Tr. SOU kepada wartawan usai melakukan pemasangan guard drill di jalur Kebun , Rabu (3/4/2024).

Jovan juga mengungkapkan beberapa titik rawan kecelakaan lalu lintas akibat longsor di jalur Kebun Kopi yang hendaknya diperhatikan para pengguna jalan khususnya pada kilo meter 6, 8 dan 11 dan lebih banyak cenderung arus kendaraan dari arah menuju Parmout.

“Pernah saya diskusikan dengan Pak Kasat Lantas, kalau memang ada titik terburuk (di jalur Kebun Kopi) kemungkinan kita akan menggunakan menggunakan metode one way atau contraflow. One way itu berarti kendaraan kita tahan dibawah jadi satu arus, kendaraan dari atas jalan, begitu pula sebaliknya. Tapi itu disituasi tertentu,”jelasnya.

Selain itu Kapolres juga menghimbau para penggunaan kendaraan baik arus mudik maupun arus balik selalu memperhatikan keselamatan berlalulintas sesuai dengan tagline dari Kementerian Perhubungan yakni mudik ceriah dan penuh makna.

Sebelumnya pemasangan guard drill, telah dilaksanakan apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat, Ketupat Tinombala 2024 di halaman Polres Parmout. Parmout, Richard Arnaldo bertindak selaku inspektur upacara sekaligus membacakan sambutan Jenderal Drs Listyo Sigit Prabowo. Kemudian dilanjutkan dengan pemusnahan minuman keras (miras) tradisional cap tikus maupun miras bermerek di halaman belakang kantor Polres Parmout serta diakhiri dengan pemasangan guard drill di panggar pembatas jalan dengan jurang di jalur Kebun Kopi. AJI