SULTENG RAYA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) melalui Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) menggelar kegiatan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Parmout tahun 2025 di aula Kantor Bappelitbangda, Selasa (26/3/2024).

Parmout yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Kesra, Mawardin dalam sambutannya mengatakan, tujuan pelaksanaan forum lintas perangkat daerah tersebut adalah untuk memfasilitasi koordinasi dan kerjasama antara perangkat daerah dan guna mendukung pembangunan dalam skala prioritas maka harus melalui proses penyusunan RKPD Kabupaten Parmout tahun 2025.

Menurutnya Dalam forum tersebut perangkat daerah dapat membahas dan memprioritaskan program dan kegiatan pembangunan yang akan diangkat dalam RKPD.

“Kegiatan forum ini dilaksanakan secara lintas perangkat daerah dengan pembahasan tematik yang berfokus pada upaya pengentasan , peningkatan ketahanan pangan daerah, percepatan penurunan , dan pengembangan Kawasan,” ungkapnya.

Adapun poin penting yang menjadi perhatian dalam menyusun rencana kerja tahun 2025 kata Mawardin antara lain adalah, penyelarasan program/kegiatan organisasi perangkat daerah dari hasil musrenbang desa dan kecamatan, pokok-pokok pikiran DPRD, serta melihat skala prioritas dan perkiraan kemampuan anggaran daerah dan hasil evaluasi dari pelaksanaan RKPD tahun-tahun sebelumnya.

Mawardin menambahkan, dalam pengusulan program/kegiatan, organisasi perangkat daerah agar tetap melihat kondisi dan dinamika yang berkembang dan kemudian dituangkan kedalam suatu kegiatan dengan konsep inovasi-inovasi pelayanan yang lebih baik, karena bagaimanapun juga, inovasi daerah adalah suatu keharusan dalam konsep daerah yang lebih maju.

Untuk itu, kepada instansi terkait khususnya Bappelitbangda, agar terus melakukan pendampingan kepada perangkat daerah dalam penyusunan dan pembahasan program atau kegiatan tahun 2025 serta mengawal hasil rumusan hari ini sampai ke tahap- tahap selanjutnya.

Mawardin juga berpesan kepada seluruh Perangkat Daerah Pemda Parmout agar dapat mengidentifikasi serta menyeleksi dengan baik setiap usulan pembangunan sehingga target strategis pembangunan daerah yang menjadi sasaran utama dapat tercapai.

“Harapan saya melalui sumbangsih saran dan masukan dari segenap pemangku kepentingan, yang dilandasi dengan itikad dan semangat yang baik, maka RKPD dan Renja perangkat daerah tahun 2025 berdampak positif bagi pembangunan di Kabupaten Parigi Moutong,”harapnya. */AJI