SULTENG RAYA- Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah () , Sudirman, S.KM., M.Kes, telah menginstruksikan kepada para dosen di kampus tersebut agar tidak mempersulit dalam menyelesaikan studi mereka.

Sudirman mengatakan, bahwa keberadaan mahasiswa yang berlama-lama di dalam kampus tidak akan memberikan manfaat bagi institusi, melainkan akan berdampak buruk pada akreditasi program studi.

Hal yang sama berlaku bagi mahasiswa dan orang tua mereka. Mahasiswa tidak akan mengalami peningkatan dalam hal pengetahuan jika terus-menerus berada di dalam lingkungan kampus setelah menyelesaikan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan menyusun proposal serta skripsi.

Justru sebaliknya, mahasiswa ditekankan untuk berinteraksi dengan masyarakat secara langsung setelah menyelesaikan tahap-tahap tersebut, sehingga mereka dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru.

Perasaan jenuh juga akan dialami mahasiswa dalam mengurus tugas akhir mereka. Banyak mahasiswa yang merasa terbebani karena setiap kali melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing, mereka hanya menerima kritikan dan cacian, serta melihat hampir seluruh halaman tugas mereka penuh dengan coretan.

“Kondisi seperti ini tidaklah mendidik dan harus dihindari,”tegas Sudirman, saat penutupan program KKN angkatan 65, Jumat (8/3/2024).

Mahasiswa diimbau untuk melaporkan dosen-dosen yang mempersulit mereka kepada pihak berwenang, baik itu Warek 1 atau langsung kepada Rektor. Sudirman menjamin bahwa identitas mahasiswa yang melaporkan akan dirahasiakan, sementara dosen yang bersangkutan akan dikenai sanksi oleh pihak rektorat.

Namun disisi lain juga sebut Sudirman, mahasiswa setelah ditarik kembali ke kampus setelah menyelesaikan program KKN agar segera menuntaskan mata kuliah yang belum tuntas, dan segera mengajukan judul, menyelesaikan proposal serta skripsi.

“Jangan sampai, setelah menyelesaikan program KKN sudah merasa nyaman dan lalai mengajukan judul, mengurus proposal serta skripsi. Itu akan membuat berlama-lama di dalam kampus. Harapan kami mahasiswa semakin cepat selesai itu lebih baik, karena berkaitan dengan visitasi akreditasi,”pesan Warek

Dengan demikian, langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Unismuh Palu dan memberikan kenyamanan serta dukungan yang lebih besar bagi mahasiswa dalam menyelesaikan studi mereka. ENG