RAYA-Sebanyak 57 peserta didik SMPN 5 Banawa Selatan telah mengikuti kegiatan sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), pada Sabtu, 23 Maret 2024.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Wahana Visi, Sekolah Mombine, dan Badan Nasional () Kabupaten .

Narasumber utama dalam kegiatan ini adalah Markus, S.Kep.,Ns, seorang Penyuluh Narkoba Ahli Muda dari BNN Kabupaten Donggala. Dalam sesi pemaparan materi, Markus menjelaskan pengertian narkoba, jenis-jenisnya, faktor penyebab penyalahgunaan, tanda-tanda dan gejala, serta dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan narkoba.

Selain itu, disampaikan juga tips dan cara untuk menolak atau menghindari ajakan dari teman atau orang lain untuk menggunakan narkoba. Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab guna memperjelas pemahaman para peserta tentang materi yang telah disampaikan.

Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran peserta didik SMPN 5 Banawa Selatan tentang bahaya narkoba, serta memberikan mereka pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi tekanan dari lingkungan sekitar yang mungkin mengajak mereka untuk terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan sosialisasi P4GN tersebut merupakan bagian dari upaya pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja, yang merupakan salah satu prioritas nasional. BNN Kabupaten Donggala, melalui kegiatan ini, berkomitmen untuk terus mengedukasi masyarakat, khususnya generasi muda, tentang bahaya narkoba dan cara menghindarinya.

Peserta kegiatan, terutama peserta didik SMPN 5 Banawa Selatan, diberikan ruang untuk bertanya dan berdiskusi dengan narasumber, sehingga mereka dapat lebih memahami secara mendalam tentang topik yang dibahas. Hal ini diharapkan dapat membangun pemahaman yang kuat dan memicu perubahan perilaku positif terkait penyalahgunaan narkoba.

Selain penyuluhan di sekolah, BNN Kabupaten Donggala juga aktif melaksanakan kegiatan serupa di berbagai tempat dan kalangan, termasuk di masyarakat dan lembaga pendidikan lainnya. Langkah ini diambil sebagai bentuk komitmen untuk menjaga generasi muda dari ancaman bahaya narkoba yang dapat merusak masa depan mereka.

Sosialisasi P4GN bukan hanya sekedar memberikan , tetapi juga membangun kesadaran dan kemandirian dalam mengambil keputusan yang tepat terkait penyalahgunaan narkoba. Para peserta diharapkan mampu menjadi agen perubahan di lingkungan mereka masing-masing dengan menyebarkan pengetahuan yang didapat kepada teman-teman dan keluarga. ENG