RAYA – Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puspeka Kemendikbudristek) kembali melaksanakan kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Penguatan Karakter.

Kegiatan DKT kali ini dilaksanakan secara serentak di dua Provinsi yaitu Maluku dan Sulawesi Tengah. Kegiatan DKT Tahap I di tahun 2024 dilakukan secara luring oleh Puspeka Kemendikbudristek sebagai bentuk implementasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam upaya penguatan karakter terkait Profil Pelajar Pancasila, Inklusivitas dan Kebinekaan, serta penuntasan 3 dosa besar pendidikan. Untuk di Sulawesi Tengah dilaksanakan di Hotel Aston, Kamis (7/3/2024).

Kegiatan ini melibatkan pemangku kepentingan pendidikan di wilayah Provinsi Maluku dan Sulawesi Tengah diantaranya Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta turut hadir Unit Pelaksana Teknis Kemendikbudristek yaitu Balai Penjaminan Mutu Pendidikan, Balai Guru Penggerak, Badan Bahasa, dan Balai Pelestarian Kebudayaan.

Pada pembukaan DKT, Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemendikbudristek Rusprita Putri Utami menyampaikan bahwa karakter penting dimiliki dalam membentuk kedekatan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta membangun integritas dan moralitas pribadi agar dapat menciptakan hubungan yang harmonis dan menghasilkan generasi yang positif.

Sebagai upaya untuk memperkuat karakter Profil Pelajar Pancasila dan iklim Inklusivitas di ekosistem pendidikan, Ketua Sub Tim Inklusivitas Puspeka, Surya Nilasari menyampaikan tentang berbagai program dan kegiatan yang telah dilakukan oleh Puspeka, salah satunya melalui produksi konten ringan, talkshow dan aktivasi hari besar nasional dan internasional yang ditampilkan di media Cerdas Berkarakter Puspeka.

Selain itu, melalui ragam kompetisi yang diselenggarakan Puspeka yang memberikan wadah bagi masyarakat dapat berekspresi dan berpartisipasi aktif mewujudkan lingkungan yang dan setara bagi semua.