RAYA – Badan Nasional () Kabupaten kembali melakukan pemeriksaan urin karyawan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Donggala, kali ini menyasar karyawan PT. Batu Alam Sumber Sejahtera, pada Senin, (4/3/2024).

Sebanyak 71 orang karyawan dan karyawati PT. Batu Alam Sumber Sejahtra yang mendapatkan pemeriksaan sampel urin dari Petugas BNN Kabupaten Donggala di kantor perusahaan itu.

Kegiatan ini dilaksanakan guna menciptakan lingkungan kerja yang bersih dan bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, serta mengetahui apakah ada pegawai yang menjadi penyalahguna narkoba.

Sebelum dilakukan pemeriksaan sampel urin, para karyawan tersebut mendapatkan penyuluhan dari Penyuluh Narkoba Ahli Muda BNN Kabupaten Donggala., Markus, S.Kep.,Ns bertujuan memberikan pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan  narkoba.

Dalam pemaparan materi dijelaskan tentang pengertian, jenis narkoba, faktor penyebab menyalahgunakan narkoba, tanda dan gejala, serta dampak yang ditimbulkan bila menyalahgunakan narkoba.

Materi ini dinilai sangat perlu disampaikan kepada karyawan agar lebih mengetahui jenis apa saja yang masuk dalam kategori narkoba dan zat adiktif lainnya serta dampak yang ditimbulkan setelah menyalahgunakan narkoba.

Sekaligus memberikan   mengenai program Lapor Diri bagi pihak yang ingin melakukan rehabilitasi, dan dipastikan program tersebut tanpa dipungut biaya. “Bagi bapak ibu, atau keluarganya yang menjadi penyalahguna narkoba, dapat melaporkan diri untuk direhab, ini tidak dipungut biaya,”pesan Markus. ENG