RAYA – Komisi Pemilihan Umum () Kabupaten Parigi Moutong () menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di aula Kantor KPU Parmout, Selasa (27/2/2024).

Pembukaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Parmout, Richard Arnaldo, SE, MSA Kapolres Parigi, AKBP Jovan Reagan Sumual, Pabum Kodim 1306/KP Kapten Inf Syamsur Alam serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Parmout, Richard Arnaldo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh Masyarakat, komisioner KPU, Parmout serta seluruh elemen yang terlibat langsung guna menyuseskan Pemilu 2024 di Kabupaten Parmout.

Richard menyampaikan terima kasih kepada semua pihak karena tetap menjaga situasi yang kondusif di Kabupaten Parmout hingga saat ini. Semua itu katanya tercipta berkat adanya kebersamaan dan pemahaman yang sama serta sinergitas antar semua lini sehingga pesta demokrasi di Kabupaten Parmout tetap aman.

“Selaku Pemerintahan Daerah, kami mengapresiasi pelaksanaan rapat rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara ini dan berharap agar tahapan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib sesuai dengan aturan yang berlaku. Untuk itu, saya mengingatkan kepada kita semua pentingnya menjaga integritas, solidaritas dan profesionalitas mari bersama kita menjaga persatuan dan kesatuan pasca pencoblosan suara,hindari konflik dan hujat-menghujat, karena pada akhirnya kita semua adalah saudara sebangsa dan setanah air,” ujarnya.

Richard menambahkan, kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2024 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan

Hasil Pemilihan Umum Tahun 2024.

Sementara itu Ketua KPU Parmout, Ariyana dalam laporannya mengatakan, terjadi  Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada TPS 4 Kelurahan Bantaya Kecamatan Parigi,TPS 6 Desa Pelawa Kecamatan Parigi Tengah,TPS 10 Desa Tindaki Kecamatan Parigi Selatan ,TPS 3 Desa Petunasugi Kecamatan Bolano Lambunu.

“Alhamdulillah, pelaksanaan PSU yang dilaksanakan oleh penyelenggara kami di tingkat KPPS dapat berjalan lancar dan tepat waktu, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan yaitu pada tanggal 24 Februari 2024,”ujar Ariyana.

Ariyana menambahkan, menjalankan proses demokrasi dengan penuh integritas dan transparansi merupakan kunci utama dalam menjaga kehormatan setiap suara yang telah dipercayakan. Karenanya Ariyana mengajak semua pihak agar tetap bergandengan tangan berkomitmen untuk menjaga kejujuran dan keadilan dalam proses demokrasi, sehingga menjadi landasan bagi Kabupaten Parmout menuju masa depan yang lebih baik, dengan harapan rekapitulasi dan penghitungan suara tahun 2024 yang dilaksananakan tersebut tetap berjalan lancar, aman dan kondusif. */AJI