RAYA – Wakapolres Morowali, Kompol Awaluddin Rahman memberikan pembekalan bagi anggota yang bertugas dalam pengamananan di tempat pemungutan suara (TPS) , di lapangan Apel Mapolres Morowali, Jumat (9/2/2024).

Dalam sambutannya, Wakapolres Morowali Kompol Awaluddin Rahman menegaskan, pentingnya kesiapan perlengkapan perorangan, sarpras dan fasilitas penunjang lainnya. “Hal ini menjadi kunci mendukung pelaksanaan pengamanan TPS secara optimal. Setiap personel diinstruksikan untuk memahami tugas, peranan dan mengenal langkah-langkah yang boleh dan tidak boleh dilakukan,” tegasnya.

Wakapolres juga memberikan arahan tegas bahwa dalam menghadapi permasalahan di TPS, petugas tidak boleh masuk tanpa seizin dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Penyelesaian permasalahan di tingkat TPS harus dilakukan secara efektif dan efisien, tanpa berlarut-larut. “Pelaksanaan pengamanan di TPS harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab, humanis dan profesional sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP). Penggunaan buddy system menjadi metode yang diharapkan dapat menjamin keselamatan personel dengan maksimal,” ujarnya.

Wakapolres menekankan, netralitas dan profesionalisme sebagai dua pilar utama yang harus dijaga oleh seluruh personel. Hal ini menjadi kunci untuk menjaga integritas dan kepercayaan masyarakat terhadap keamanan pemilu.

Wakapolres juga mengingatkan, seluruh personel untuk menjaga kesehatan, pelaksanaan tugas mungkin berlangsung sampai malam bahkan sampai subuh. Kesehatan menjadi aspek krusial agar pelaksanaan tugas tetap optimal.

Pemeriksaan kesehatan personel dan pembagian logistik pengamanan TPS menjadi langkah selanjutnya, dilakukan oleh bagian kesehatan dan logistik serta pemeriksaan sikap tampang oleh Wakapolres dan para Kabag terhadap personel yang akan melaksanakan pengamanan di TPS. “Ini menjadi langkah konkret untuk memastikan bahwa seluruh petugas siap dan memahami tugasnya dengan baik,” ucapnya.

Wakapolres Kompol Awaluddin Rahman memberikan, arahan yang sangat detail dan komprehensif, memberikan keyakinan bahwa pengamanan TPS Pemilu tahun 2024 akan dilaksanakan dengan optimal dengan harapan semoga menjadi ladang amal ibadah bagi seluruh petugas. BMG