SULTENG RAYA- program studi arsitektur Universitas Tadulako melakukan perjalanan impian mereka bersama Putih Tour Travel. Selama enam hari menjelajahi negara maju di bidang arsitektur, fokus utama mereka adalah Singapura dan Kuala Lumpur.

Dimulai pada Senin, 15 Januari 2024, dari Bumi Tadulako Tondo membawa mereka ke destinasi yang akan mengubah pandangan mereka terhadap arsitektur secara menyeluruh.
Di hari yang sama mereka tiba di Singapura untuk mengawali kegiatan Kuliah Kerja Lapangan. Hari berikutnya, Selasa, 16 Januari 2024, mereka mengunjungi Kampung Admiralty, sebuah karya arsitektur yang dirancang oleh WOHA STUDIO dengan prinsip arsitektur berkelanjutan. Kunjungan ini membuka wawasan baru tentang bagaimana bangunan dapat dirancang untuk mendukung komunitas dan menghuninya.

Pada Hari Rabu, 17 Januari, mereka mengunjungi National University of Singapore (NUS) dan bertemu Prof. Johannes Widodo, seorang aktivis arsitektur. Di sekitar gedung SDE-4, Prof. Widodo membagikan pandangan revolusioner tentang “Kebenaran” dalam arsitektur, mengungkap bagaimana gedung tersebut melanggar norma untuk memenuhi kebutuhan penghuninya.

Perjalanan berlanjut ke Kuala Lumpur pada 18 Januari, di mana para mahasiswa mengeksplorasi berbagai objek bangunan tinggi, menambah referensi mereka mengenai karakteristik unik arsitektur.
Setelah satu minggu perjalanan intens, mahasiswa kembali dengan pengetahuan baru. Pertanyaannya sekarang, bagaimana generasi arsitek muda Tadulako akan menerapkan pengalaman ini dalam karya-karya mendatang?

Turut serta mendampingi dalam perjalanan ini adalah Ketua Jurusan Dr. Eng. Rifai, ST, M.Si., M.Sc, Dosen Penanggung Jawab Mata Kuliah KKL Altim Setiawan, ST, MT, dan Dosen Pendamping Mata Kuliah KKL Dr. Eng. Puteri Fitriaty, ST, MT.

Kemajuan dalam arsitektur di kedua kota ini mencerminkan komitmen terhadap keberlanjutan, inovasi desain, dan eksplorasi terhadap konsep-konsep baru dalam membangun ruang perkotaan. Perjalanan ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk menyaksikan langsung perubahan dan evolusi dalam arsitektur, memberi mereka inspirasi yang berharga untuk menciptakan karya-karya mendatang. ENG