SULTENG RAYA-Universitas Muhammadiyah () melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mengadakan Seminar Hasil Program Matching Fund Kedaireka Tahun 2023. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Pertemuan LPPM Unismuh Palu pada hari Rabu tanggal 17 Desember 2023.

Dosen Unismuh Palu yang terlibat dalam program ini masing-masing Dr. Sri Jumiyati, S.P., M.Si selaku Ketua Tim Pengusul, Dr. Patta Dua, S.E., M.P, dan Ir. Haeruddin, M.P masing-masing sebagai anggota.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I Bidang Akdemik dan Kerjasama, Sudirman, S.KM., M.Kes menyampaikan pada program Matching Fund Kedaireka tahun 2023, Unismuh Palu berhasil lolos sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan LLDikti XVI yang berhasil mendapatkan dukungan dana Matching Fund. Seminar ini merupakan forum bagi peneliti/pengabdi untuk mempresentasikan hasil penelitian dan membuktikan akuntabilitas penggunaan dana penelitian/pengabdian kepada masyarakat.

“Melalui acara seminar hasil ini, kita akan bersama-sama mengeksplorasi berbagai aspek keilmuan dosen dalam bentuk hasil penelitian yang menginspirasi, menjadi strategi bisnis yang inovatif untuk mendukung pengembangan unit bisnis di tingkat Universitas melalui kerjasama Pentahelix,” ungkap Wakil Rektor I.

Sedangkan Ketua LPPM Unismuh Palu berharap seminar hasil ini menjadi wadah pertukaran ide dan pengetahuan, juga menjadi pemicu bagi perubahan positif dalam peningkatan kinerja peneliti/pengabdi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil penelitian dan pengabdian.

“Saya berharap peneliti/pengabdi dapat memanfaatkan setiap momen dan peluang dalam seminar hasil ini dengan semangat baru, ide-ide , dengan konsep kemitraan dan kolaborasi yang lebih luas,” tuturnya.

Seminar Hasil Program Matching Fund Kedaireka tahun 2023 ini, juga dihadiri oleh Ir. Arif S. Asikin, M.P selaku Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Horikultura Provinsi Sulawesi Tengah) bersama timnya yakni Abd. Gafur, S.P selaku mitra kegiatan Program Matching Fund Kedaireka tahun 2023.

Dalam kesempatan itu, Ir. Arif S. Asikin, M.P mengungkapkan dukungan dan apresiasi Pemerintah Daerah untuk bersinergi dengaan Perguruan Tinggi khususnya Unismuh Palu dalam membangun inovasi yang maju dan berkelanjutan.

“Keberhasilan inovasi ini terwujud melalui pelaksanaan Program Matching Fund Kedaireka yang terintegrasi dalam pelaksanaan program Dinas hingga menghasilkan dan menginisiasi pemasaran produk,” ucapnya.

“Saya berharap manfaat inovasi yang dihasilkan oleh Unismuh Palu terus berkembang, dengan peningkatan kualitas pengembangan inovasi untuk memastikan bahwa program ini memberikan hasil dan output yang bermanfaat bagi masyarakat, melalui kerja sama antara Pemerintah Daerah dan Perguruan dalam upaya peningkatan entrepreneurship dan hilirisasi inovasi baru mencapai tahap implementasi masyarakat, dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan, tambahnya. ENG