RAYA – Sebagai salah satu garda terdepan dalam upaya penanggulangan terorisme di Indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI), secara masif dan terarah terus melaksanakan program kekuatan masyarakat sebagai salah satu upaya memaksimalkan pencegahan radikalisme dan terorisme.

Selain program pemberdayaan ekonomi masyarakat, BNPT RI juga melakukan pembinaan di kalangan generasi muda dengan program pembinaan yang sifatnya mendorong kalangan generasi muda untuk dapat berkarya dan meraih melalui bakat atau bidang yang mereka geluti.

Langkah kongkrit ini dibuktikan dengan hadirnya pihak BNPT RI yang bekerja sama dengan pihak Kementerian saat meluncurkan bantuan pengadaan ternak kambing sebanyak 7 ekor kepada kelompok masyarakat Kelurahan Kayamanya Sentral, Kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso.

Untuk pembinaan generasi muda, BNPT RI juga meluncurkan bantuan perlengkapan dan peralatan beladiri pada komunitas perguruan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Kayamanya Sentral.

Dimana Perguruan Pencak Silat PSHT kayamanya Sentral terdapat 21 Atlit binaan yang berasal dari para santri Nurul Muhsinin serta siswa – siswi dari SMA Negeri 4 kayamanya Sentral.

Bantuan bibit ternak serta peralatan dan perlengkapan olahraga  beladiri tersebut diserahkan Fasilitator Daerah (Fasda) BNPT RI untuk Poso, Fandi Ahmad . ST serta diterima oleh perwakilan masyarakat ketua RT 10 Kayamanya Sentral, Sarwi yang juga pelatih pencak silat PSHT rayon kayamanya Sentral, pada Minggu (14/01/2024).

Sementara itu, usai menyerahkan bantuan Fasda BNPT RI, Fandi Ahmad mengatakan, semoga dengan bantuan ini masyarakat dapat mengelola lebih maksimal sehingga akan menjadi pendorong kekuatan ekonomi bagi masyarakat itu sendiri serta bermuara pada lahirnya kesejahteraan bagi masyarakat.

Khususnya pada generasi muda,  penerima bantuan akan lebih meningkatkan semangat juang mereka dalam berlatih olahraga beladiri, sehingga kedepan dapat melahirkan prestasi pada seluruh level, bahkan level .

“Dengan mengukir prestasi akan membawa harum nama daerah, bangsa, pada kancah tertinggi,” tandas Fandi Ahmad.

Sementara itu, ketua RT Sarwi sekaligus pelatih PSHT Rayon Kayamanya Sentral, menyatakan apresiasinya pada BNPT RI yang telah membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan melalui pengadaan bibit ternak kambing.

“Semoga bantuan ini dapat di kelola secara maksimal oleh masyarakat kami, yang akhirnya dapat menjadi solusi terkait pemenuhan ekonomi serta menjadi usaha andalan bagi masyarakat,” ucapnya.

Untuk bantuan peralatan dan perlengkapan beladiri, kata Sarwi, pastinya akan mendorong motivasi bagi atlet biasanya dalam berlatih.

“Dengan peralatan serta perlengkapan yang mamadai, pastinya akan mendorong semangat juang anak-anak dalam berlatih. Semoga kedepan kami bisa memberikan yang baik bagi bangsa dan negara tercinta,” pungkasnya. *SYM