RAYA- MAN IC Kota saat ini bergerak selangkah untuk memaksimalkan layanan dalam satu program madrasah , program tersebut dilaunching pada Rabu (10/1/2024).
Program ini dilaunching langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. H. Ulyas Taha, M.Pd didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama , Dr. H. Nasruddin L. Midu, M.Ag, dan Kepala MAN IC Palu, Hj. Mardiati Rosmah, S.Ag., M.Ag.
Ulyas Taha mengapresiasi langkah gerak cepat yang dilakukan oleh MAN IC Kota Palu dalam menjawab tantangan dan kebutuhan saat ini. Mengingat madrasah katanya harus selalu mempersiapkan diri menghadapi tantangan yang kerap di luar dari prediksi manusia.
Ia mencotohkan seperti tahun 2019 sampai 2021, -19 melanda dunia dan melumpuhkan hampir semua aktifitas manusia. Saat itu orang dituntut bekerja dari rumah dengan memanfaatkan . “Kondisi ini sangat mengagetkan semua orang diluar prediksi manusia, lagi-lagi teknologi digital yang harus dimanfaatkan manusia untuk beraktifitas, karena harus beraktifitas dari rumah,”sebutnya.
Dengan pengalaman itu katanya, maka madrasah dituntut harus kreatif dan inovatif dalam menghadapi kondisi apapun, termasuk kondisi dimana mengharuskan semua aktifitas serba memanfaatkan teknologi digital. “Maka kita patut bersyukur, dengan dilaunchingnya Madrasah Digital ini, MAN IC Kota Palu kini sudah menuju ke tahap itu,”ujar Kakanwil.
Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Nasruddin L. Midu juga memberikan apresiasi kepada MAN IC Kota Palu atas kemajuan yang dimiliki Madrasah unggulan ini, dengan harapan program madrasah digital ini tertular ke madrasah-madrasah lainnya yang ada di Kota Palu.
Namun disisi lain, Ia juga mengingatkan agar pihak madrasah tetap melakukan pengawasan untuk mengantisipasi pada penyalahgunaan digital yang tidak pada tempatnya.
Kepala MAN IC Palu, Hj. Mardiati Rosmah mengatakan, transfomasi digital madrasah saat ini adalah keniscayaan, menjadi gaung yang cukup kuat terdengar. Madrasah secara jelas menunjukkan diri sebagai entitas yang tidak lagi dapat dilihat sebagai lembaga pendidikan kelas dua.
Madrasah, selain mencetak berbagai akademik dan non-akademik yang monumental, juga telah berkembang sedemikian rupa dalam interaksi yang intensif dengan semangat dan perkembangan zaman tanpa kehilangan identitas keislamannya.
Madrasah digital katanya adalah Madrasah yang menyelenggarakan dan pengelolaan pendidikan menggunakan aplikasi digital untuk menunjang efektifitas dan efesiensi layanan.
Tidak terkecuali sebutnya, MAN IC Kota Palu berada ditengah-tengah masyarakat Sulawesi Tengah, saat ini berinisiatif hadir mengambil bagian dalam program Kementerian Agama, yakni Reformasi Digital Madrasah yang kemudian menjadi dasar kuat pelaksanaan launching madrasah digital di MAN IC Kota Palu, ini adalah amanah yang harus diembang cepat atau lambat.
“Kita sepenuhnya meyakini bahwa madrasah MAN IC Kota Palu, saat ini telah berada di tengah dan bersiap menjadi yang terdepan. Kita memiliki peluang untuk itu, kita sangat bersyukur atas perhatian Direktur KSKK terhadap pemenuhan sarana digital di MAN IC Kota Palu,”sebutnya.
Ia menguraikan, pelayanan digital di MAN IC Kota Palu saat ini bergerak masif memantaskan diri serta terencana dalam berbagai unsur diantaranya pelayanan PTSP (pelayanan terpadu satu pintu), dengan menggunakan media website madrasah, melalui pitur layanan meliputi layanan umum; surat masuk, surat keluar, legalisir ijazah, Surat keterangan lulus, Surat keterangan kelakuan baik, Surat keterangan aktif belajar, lzin penelitian, Permohonan magang. Surat tugas dan Pengaduan masyarakat.
Demikian juga layanan administrasi untuk guru dan siswa, ijin cuti, absensi kehadiran guru di kelas, layanan guru piket, Yang semuanya diproyeksikan mendapatkan layanan secara online. Pengelolaan data siswa dan guru melalui Emis dan Simpatika. Layanan PBM melalui elearning dan RDM.
Pengolaan administrasi dan keuangan dengan menggunakan aplikasi digital, layanan digital pembelajaran menyenangkan lewat aplikasi dan media Screen Digital di kelas dengan berbagai media pembelajaran on line yang memungkinkan siswa dan guru mengakses materi pelajaran lebih aktraktif fariative dan terupdate sesuai dengan perkembangan, info hasil pembelajaran yang terus menerus berkembang sesuai dengan tuntutan kurikulum.
“Termasuk di dalamnya Layanan digital perpustakaan, layanan lab bahasa dan lab komputer juga merupakan satu sistem layanan digital madrasah yang terus di mantenence dan dimaksimalkan penggunaannya,”jelas Mardiati Rosmah.
Madrasah ini juga memiliki sarana Broadcast, merupakan tambahan layanan digital yang memberdayakan kompotensi guru dan siswa di bidang Broadcast dan diharapkan dapat digunakan dengan maksimal untuk mengakses MAN IC Kota Palu berkala dan berkesinambungan.
Dengan harapan katanya, melalui program madrasah digital akan bermuara pada satu tujuan yaitu melahir generasi unggul SDM yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketakwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan masyarakat. ENG