SULTENG RAYA- Universitas Tadulako (Untad) kembali melakukan Pelepasan dan Perpisahan Program Merdeka (PMM), kali ini adalah PMM III Inbound dengan mengangkat tema “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya” bertempat di Helsinki Hotel , Sabtu (23/12/2023) pagi.

Dalam laporannya, Kepala Pusat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Untad Prof. Drs. Anang WM Diah, M.Si.,Ph.D  memaparkan bahwa PMM batch III diikuti Mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia sebanyak 62 orang, berasal dari pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, NTT/NTB dan Maluku telah mengikuti pertukaran mahasiswa selama satu semester di Untad sebanyak 20 SKS.

“Pada kesempatan ini saya turut menyampaikan bahwa di tahun 2023, terdapat 3.817 mahasiswa yang terdata dalam Sistem Informasi Terpadu (SITAMPAN) MBKM, sehingga kami sangat optimis melihat animo dan antusias Mahasiswa kita terhadap program-program MBKM. Harapannya pada tahun 2024, MBKM sudah bersifat dan menjadi norma kehidupan kampus Untad kedepannya,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Program PMM Pusat Asri Aldila Putri S.Sos M.Si menyampaikan apresiasinya via zoom kepada Untad sebagai tuan rumah Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) III.

Katanya, mewakili Kemendikbudristek, mengapresiasi Universitas Tadulako atas dukungan, komitmen dan bimbingan selama PMM III. PMM bertujuan untuk mendekatkan makna Bhineka Tunggal Ika kepada Mahasiswa sehingga belajar tidak hanya berada di kelas, melainkan di luar kelas dengan beragam budaya, bahasa dan keberagaman Indonesia yang perlu ditanamkan kepada Mahasiswa.

“Kami ucapkan selamat kepada 63 peserta, meskipun program ini bersifat sementara, semoga memberikan kesan yang bermakna selamanya,” paparnya.

Pada kesempatan lainnya, Rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT berharap semoga pengalaman satu semester di Untad memberikan pengalaman baik yang tidak terlupakan bagi para peserta PMM.

Katanya, Indonesia begitu besar sehingga penting bagi para Mahasiswa untuk mendapatkan kesempatan mempelajari berbagai daerah melalui program MBKM. “Pengalaman ini tentu menjadi nilai tambah bagi anda selepas anda lulus dari perkuliahan. Semoga banyak kesan yang baik untuk di kenang oleh 62 Mahasiswa ini,” harap Rektor. *ENG