SULTENG RAYA  – Dalam rangka mengoptimalkan pendapatan daerah, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) melalui Dinas Pendapatan Daerah menggelar launching Aplikasi Pengelolaan Daerah dan Aplikasi Pelayanan Publik (Smartgov dan Citigov) tahun 2023 di auditorium Kantor Bupati Parmout, Rabu (20/12/2023).

Parmout, Richard Arnaldo membuka kegiatan itu dalam sambutannya mengatakan, pemanfaatan aplikasi sistem administrasi pajak daerah yang holistik terintegrasi dengan sistem pembayaran online dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai regulasi yang mendukung.

“Aplikasi pelayanan yang dapat menjangkau masyarakat juga diperlukan untuk meningkatkan kecepatan dalam proses pelayanan pemerintah daerah dan peningkatan kualitas pelayanan dari pemerintah itu sendiri,” ujarnya.

Richard menambahkan, aplikasi pengelolaan pajak daerah yang telah dikembangkan saat ini, terdapat pengelolaan 11 jenis pajak dan kesemuanya berbasis online.

Dengan dikembangkannya aplikasi tersebut lanjut Richard, kiranya dapat menjawab tantangan pada saat ini terhadap pengelolaan pajak daerah yang bersifat manual, terkesan lambat dan tidak transparan.

Richard berharap, kedepan, pengelolaan pajak daerah akan menjadi semakin baik dengan dukungan semua pihak yang pada akhirnya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara signifikan dan masyarakat sebagai wajib pajak dapat secara aktif melakukan pembayaran secara online tidak terbatas oleh waktu tempat dan jarak, serta dapat merubah pola pikir terhadap pengelolaan dengan sistem manual ke sistem dalam proses pengelolaan pajak daerah.

“Saya juga menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua wajib pajak yang telah berpartisipasi dalam membangun Daerah Parigi Moutong yang kita cintai ini melalui kepatuhan membayar pajak, semoga kedepan Daerah Parigi Moutong makin bersatu dan jaya,”pungkasnya. */AJI