SULTENG RAYA – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II menerima kunjungan Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari Divisi Pemasyarakatan (Divpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Sulawesi Tengah (Kanwil Sulteng) guna memastikan pelayanan bermutu kepada seluruh anak binaan, Rabu (6/12/2023) siang.

Dalam pemenuhan tumbuh kembang bagi setiap anak harus diberikan secara cepat namun juga harus tepat, maka dari itu kualitas pelayanan bermutu diperlukan dalam mewujudkan anak yang cerdas serta siap membangun kemajuan bangsa khususnya dalam menuju Indonesia Emas 2045.

Mewakili Kepala LPKA Palu, Ida Bagus Selaku Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan didampingi Kepala Subseksi Perawatan, John Adrianto dan stafnya menyambut hangat Tim Divpas Kemenkumham Sulteng yang saat itu dipimpin oleh Kepala Subbidang Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi, Imelda. “Dalam menciptakan generasi unggul, perlu adanya makanan yang bergizi bagi setiap anak, tiap harinya petugas kami melakukan pengecekan dan kelayakan baik dari kebersihan dapur dan kualitas bahan makanan,” ujar Ida Bagus.

Dirinya juga mengatakan, hal tersebut semuanya terjadwal pada daftar menu yang menjadi acuan dalam pemberian makanan kepada seluruh anak binaan. Selain itu, sertifikat laik hygiene yang telah diraih LPKA Palu membuktikan bahwa keseriusan dalam memberikan makanan yang layak dan bergizi.

Setelah melakukan pengecekan pada area dapur, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekapan pada ruang klinik untuk memastikan bahan obat-obatan, vitamin dan sarana prasarana yang digunakan masih dalam kondisi yang baik serta aman. “Setiap Petugas Klinik selalu siap 24 jam dalam menangani kesehatan bagi setiap anak, obat-obatan serta vitamin selalu dicek, dalam pemenuhan kesehatan, kami juga melakukan kerjasama dengan Puskesmas Bulili yang rutin melakukan pengecekan setiap 1 bulan 2 kali, serta kami juga menciptakan inovasi layanan yang bernama Konsultasi Pelayanan Kesehatan (KPK) yang selalu siap jemput bola jika ada yang sakit,” jelas Ida Bagus.

Menanggapi hal tersebut, Imelda mengapresiasi kerja keras yang diberikan LPKA Palu kepada seluruh anak binaannya, ia mengungkapkan agar kerja baik ini terus dipertahankan serta ditingkatkan. “Terima kasih atas kerja kerasnya, hal ini membuktikan bahwa LPKA Palu selalu memberikan pelayanan bermutu kepada setiap anak binaannya, khususnya dalam mewujudkan anak yang berprestasi,” kata Imelda.

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan pemeriksaan status tahanan agar tidak adanya yang overstaying, pada kesempatan tersebut dirinya menjelaskan agar selalu komunikasi dengan pihak Kejaksaan, jaga hubungan baik, serta perhatikan masa penahanan. “Perhatikan status masa tahanan yang baru masuk, jangan sampai ada yang overstaying, komunikasikan dengan pihak Kejaksaan,” tambahnya.

Diakhir kegiatan, LPKA Palu berkomitmen akan selalu memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada setiap elemen masyarakat serta selalu sigap dalam menangani permasalahan anak di Kota Palu. */YAT