SULTENG RAYA- Rektor Universitas Tadulako (Untad), Prof. Dr. Ir. Amar, ST., MT berharap agar Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan (Forpimawa) dapat betul-betul menjadi wadah komunikasi dan kolaborasi bagi para pimpinan perguruan tinggi untuk pembinaan dan mengasah talenta-talenta .

Karena begitu banyak kegiatan yang membutuhkan talenta mahasiswa di tingkat nasional. Di era saat ini sebutnya, tidak lagi mengedepankan kompetisi melainkan kolaborasi. “Harus bisa dibangun kolaborasi dan komunikasi bersama, dengan adanya Forpimawa hal tersebut bisa didorong bersama dalam hal kolaborasi di bidang kemahasiswaan,”sebut Prof Amar saat membuka Rembuk Nasional Forpimawa 2023, di salah satu hotel di Kota , Jumat (15/12/2023).

Apalagi katanya, kegiatan kemahasiswaan itu sangat mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi.

Sementara itu Wali Kota Palu Hadiyanto Rasyid, menyebut Forum ini merupakan bentuk keseriusan perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan handal yang bisa diandalkan dan mengandalkan diri kedepan.

Apalagi dengan adanya bonus demografi, ini menjadi sebuah tantangan besar bagi bangsa Indonesia kedepan, karena jika tidak dikelolah dan dimanfaatkan dengan baik akan menjadi masalah serius kedepan, dimana angkatan kerja sangat besar dibandingkan dengan ketersediaan lapangan kerja yang ada.

Namun itu semua dapat berawal dari Perguruan Tinggi yang mengeluarkan keluaran (lulusan) berkualitas atau tidak. Perlu diketahui dimana saat ini kata Wali Kota Palu, keluaran perguruan tinggi  rata-rata serapan lulusannya tidak sesuai dengan bidang keilmuan yang dimiliki.  “Dengan harapan melului rembuk ini bisa menemukan solusi yang bisa bermanfaat bagi keluaran perguruan tinggi kedepan,”harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Forpimawa, Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT., Ph.D mengatakan Rembuk Nasional tersebut selain sebagai ajang silaturahmi juga sebagai ajang untuk memilih pemimpin baru atau Ketum baru.

Dimana dalam setahun terdapat tiga kali pertemuan antar pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan. Dengan harapan melalui wadah ini pembinaan kemahasiswaan betul-betul berjalan dengan baik untuk mewujudkan generasi emas di tahun 2045.

Ketua Panitia Rembuk Nasional sekaligus Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Untad Dr. Ir. Sagaf Djalalemba, MP mengatakan kegiatan ini akan berlangsung selama beberapa hari kedepan, mulai dari tanggal 14 sampai dengan 17 Desember 2023, di hadiri 160 pimpinan perguruan tinggi dari 170 yang mendaftar secara online.

“Kegiatan ini akan berlangsung di beberapa tempat sekaligus menggambarkan tiga dimensi Kota Palu,  seperti di Kalora (gunung), di hotel (lembah), dan di pantai (perairan),”sebut Sagaf.

Dengan tujuan kegiatan ini adalah sebagai wadah tukar informasi antar para pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan, mendapatkan pengarahan dari kementerian terkait, mendapatkan rekomendasi dari para peserta kegiatan, serta sebagai ajang silaturahmi. ENG