SULTENG RAYA-Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Muhammadiyah () , Sudirman, S.KM., M.Kes mengajak kepada para terus mempertajam kemampuan analisis terhadap perkembangan di sekitarnya, serta mengusai dan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada.
Katanya, era industri 4.0 sudah menjadi tuntutan bagi siapapun untuk menguasai teknologi, jika tidak maka akan menjadi tertinggal.


Karena siapa yang mampu mengusai teknologi saat ini, dan memiliki jaringan yang luas, serta mampu membangun kolaborasi maka dia dipastikan akan menjadi sukses. “Kuasai teknologi, bangun kolaborasi dan jaringan, maka tidak ada yang tidak mungkin, itu akan menjadi jalan menuju kesuksesan,”sebut Warek, pekan kemarin.
Perlu dipahami katanya, keterampilan dan etos kerja bagi dunia pekerjaan di masa depan sangat ditentukan dengan teknologi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi digital tersebut telah mengakibatkan sebuah perubahan besar dalam semua aspek salah satunya dunia kerja.
Bisa dilihat saat ini sebut Sudirman, orang sudah bisa menjual berbagai produk tanpa harus membuka toko atau warung, cukup menggunakan teknologi informasi yang hampir semua orang memiliki yakni HP.
Dengan HP itu katanya, mereka menawarkan produk yang dijual ke masyarakat pengguna media sosial, dan itu begitu besar pendapatan melalui pemanfaatan teknologi informasi itu. “Itulah mengapa mahasiswa harus menguasi teknologi, memanfaatkannya, serta membangun jaringan dan kolaborasi, karena kedepan lapangan kerja itu semakin sulit, sehingga dengan pemanfaatan teknologi dengan baik, mereka bisa survive,”sebutnya.
Olehnya mahasiswa harus menemukan mitra kolaborasi dan bekerja tekun mempelajari, menguasai dan memanfaatkan teknologi merupakan bagian dari proses belajar yang penting dilakukan mahasiswa.
Harus menyiapkan diri dengan baik, karena semakin banyaknya persaingan ketat kedepan. Tidak hanya sekadar penguasaan dan pemanfaatan teknologi, melainkan juga harus bisa menguasai kemampuan komunikasi, memperbanyak jaringan, mengasah kreativitas, dan melahirkan inovasi-inovasi yang out of the box. ENG