SULTENG RAYA-Universitas Tadulako (Untad) kembali mengadakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sebagai bagian dari rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) CPNS dan PPPK di lingkungan kampus itu tahun 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 8 hingga 12 Desember 2023 bertempat di Gedung OSCE Untad. Proses seleksi terdiri dari dua tahap yakni wawancara dan microteaching.

Dalam tahap wawancara, sebanyak 477 peserta dari berbagai formasi, baik dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga kependidikan, telah mengikuti sesi interaktif dengan tim perekrut. Proses ini menjadi kesempatan bagi para calon ASN untuk menunjukkan kompetensi dan keahlian mereka sesuai dengan bidang yang diminati.

Selanjutnya, tahap Microteaching diikuti oleh 327 peserta formasi dosen. Melalui seleksi microteaching, peserta dituntut menunjukkan kemampuan praktis dalam memberikan materi pembelajaran sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Hal Ini merupakan langkah kritis dalam memastikan bahwa calon ASN CPNS dan PPPK memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan universitas.

Ketua Panitia SKB , Taswin S.Sos, M. AP mengemukakan bahwa proses seleksi ini adalah langkah awal untuk memastikan kehadiran tenaga kepegawaian yang berkualitas di lingkungan universitas.

“Jadi untuk ujian CPNS dan PPPK ini terdiri dari 3 tahap, sebelumnya kami sudah melaksankan Seleksi TKD, maka saat ini adalah tahap wawancara dan microteaching,”sebut Taswin.

Sejauh ini kata Taswin, proses rekrutmen tidak ada hambatan yang berarti. Ia mengapresiasi partisipasi aktif dari para pelamar dan berharap dapat merekrut individu yang tidak hanya memiliki kompetensi akademis, tetapi juga berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. “Harapan kami semoga teman-teman yang mengikuti SKB ini bisa lulus dengan hasil memuaskan,” papar Taswin.

Setelah mengikuti SKB di Untad, pelamar formasi dosen akan mengikuti seleksi SKB berbasis Computer Assisted Test (CAT) di Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada tanggal 18-19 Desember 2023. Adapun untuk pengumuman kelulusan, akan diinformasikan setelah melewati masa sanggah.*ENG