SULTENG RAYA-Lembaga pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities (Webometrics) kembali merilis peringkat perguruan tinggi terbaik di dunia periode Juli 2023. Setiap enam bulan, atau pada Januari dan Juli, Webometrics merilis daftar peringkat kinerja universitas di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Berdasarkan pemeringkatan Webometrics Juli 2023 itu, Universitas Muhammadiyah () ditempatkan pada posisi peringkat ke 22 perguruan tinggi terbaik dari 171 PTMA se Indonesia, Peringkat ke 2 Perguruan Tinggi Terbaik di Sulawesi Tengah, Peringkat pertama (1) Perguruan Tinggi Swasta di Sulawesi Tengah, peringkat 213 dari 3.284 Perguruan Tinggi nasional, dan peringkat 7.140 dari 11.991 perguruan tinggi tingkat global.

Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM menyambut dengan rasa syukur atas pemeringkatan tersebut, ini dinilai sabagai sebuah motivasi untuk terus berbuat yang terbaik untuk universitas itu. “Ini adalah hasil kerja bersama semua civitas akademika Unismuh Palu, sebagai sebuah tim kolosal yang solid, dengan cita-cita yang sama mengantarkan kampus ini sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berwawasan Islam pada tahun 2025,”sebut Prof Rajindra, pekan kemarin.

Sekaligus katanya, itu menunjukan jika kampus ini mampu mensejajarkan diri dengan kampus negeri yang ada di Sulawesi Tengah, dan kampus biru tidak perlu merasa kecil dihadapan mahasiswa kampus negeri, karena kini kampus yang mereka tempati telah berada pada posisi nomor wahid.

Begitu juga bagi masyarakat yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, tidak ada alasan lagi untuk meragukan kampus ini sebagai pilihan pertama, karena lembaga pemeringkatan dunia menempatkan kampus yang beralamat di jalan Rusdi Toana ini sebagai perguruan tinggi swasta nomor wahid di Sulawesi Tengah, sekaligus perguruan tinggi nomor dua di Sulawesi Tengah.

Namun disisi lain kata Prof Rajindra, pemeringkatan tersebut tidak bisa membuat civitas akademika Unismuh Palu terlena, karena masih banyak hal yang perlu dikejar dan dicapai dan itu membutuhkan kerja bersama yang solid.

“Kita tidak bisa terlena dengan itu, masih banyak yang harus kita kejar dari ketertinggalan kita, kita masih urutan dua di Sulawesi Tengah dari semua perguruan tinggi negeri dan swasta, artinya kita masih tertinggal, itu menjadi PR kita bersama,”sebutnya.

Untuk itu, seluruh civitas diminta untuk tetap semangat bekerja dan bersama-sama bekerja agar dapat mengantarkan kampus ini sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berwawasan Islam pada tahun 2025. ENG