Logo peringatan Hari Santri 2023 terdiri atas gambar dan simbol berupa, bendera merah putih dan api berkobar, jaringan , empat pilar, titik berwarna kuning di atas empat pilar, simbolisasi huruf Nun, dan goresan tinta. Logo didesain dengan lima warna, yaitu merah, putih, hijau, orange, dan biru.

1. Bendera Merah Putih dan api yang berkobar, mengandung makna semangat nasionalisme. Salah satu ciri melekat pada diri santri adalah mencintai tanah air (hubbub al-wathan).

2. Jaringan digital, mengandung makna transformasi . Santri juga turut melakukan transformasi teknologi digital.

3. Empat pilar, bermakna empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

4. Titik berwarna kuning di atas empat pilar, mengandung makna santri siaga menjaga empat pilar kebangsaan.

5. Simbolisasi huruf nun, menyerupai tempat tinta adalah simbol pengetahuan.

6. Goresan tinta,  mengandung makna jihad santri zaman ini adalah mengembangkan ilmu pengetahuan pesantren dengan kemajuan teknologi demi kejayaan negeri. 

Ada lima warna dalam komposisi logo, yaitu merah, putih, hijau, orange, dan biru. Warna merah mencerminkan semangat yang menyala dalam berjuang.

Warna putih melambangkan kesucian dan kemurnian. Warna hijau sering dikaitkan dengan Islam dan warna ini mencerminkan ‑nilai agama, kedamaian, dan pertumbuhan. Warna orange menciptakan kontras dan  keceriaan, menggambarkan semangat, antusiasme, dan energi dalam upaya memajukan negeri. Warna biru adalah lambang kecerdasan dan kebijaksanaan.HGA