RAYA – Sebanyak 50 peserta wasit dan pelatih bola voli yang digelar di Parigi Kabupaten Parigi Moutong () dinyatakan lulus. Pengumuman hasil pelatihan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Umum, PBVSI Sulawesi Tengah, Drs Aprilius Balebu pada acara penutupan pelatihan wasit dan pelatih bola voli di rumah jabatan (rujab) Bupati Parigi Moutong, Selasa (26/9/2023).

Aprilius mengungkapkan, kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh 50 peserta terdiri dari 31 peserta pelatihan wasit dan 19 peserta pelatihan pelatih bola voli. Aprilius juga memuji kesiapan panitia selama pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Pertama saya sampaikan pelayanan panitia sangat luar biasa.  Dimana selama ini, setahu saya yang mendapatkan buku aturan permainan itu adalah wasit, tapi ini saya lihat pelatih-pun dikasih. Luar biasa.  Ini semua tentunya atas arahan Pak Bupati dan Ketua ,”ujar Aprilius.

Aprilius meminta para peserta yang sudah dinyatakan lulus tersebut untuk membaca aturan permainan bola voli kepada anak didiknya sehingga ketika mengikuti suatu turnamen tidak asal protes.

Ketua PBVSI Parigi Moutong yang juga Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong, Sunarti, SPd, MPd dalam laporannya mengatakan, selain dari Kabupaten Parigi Moutong, kegiatan pelatihan itu juga diikuti oleh peserta dari Kabupaten Tolitoli, , Tojo Unauna, Morowali dan bahkan ada peserta dari Provinsi Gorontalo.

“Saya melaporkan sesuai petunjuk Pak Bupati, bahwa ada sepuluh peserta pelatihan wasit dan sepuluh peserta pelatihan pelatih bola voli adalah guru-guru olahraga. Namun karena kami juga membuka pelatihan bagi peserta umum, sehingga ada juga peserta dari luar Kabupaten Parigi Moutong yakni dari Kabupaten Tolitoli, Tojo Unauna, Morowali, Sigi bahkan dari Gorontalo. Terima kasih pak Bupati, kegiatan ini bisa dimanfaatkan juga oleh saudara-saudara dari daerah lain yang memang memiliki minat dan bakat sebagai wasit dan pelatih bola voli,”ujar Sunarti.

Sementara itu Ketua KONI Parigi Moutong, Faisan Badja yang menutup kegiatan tersebutmengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan itu, diharapkan dapat semakin menggiatkan kegiatan olahraga bola voli di Kabupaten Parigi Moutong sehingga akan akan melahirkan para atlet muda berbakat yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Parigi Moutong kedepan. Apalagi katanya, Kabupaten Parigi Moutong sudah memiliki Gedung Olahraga yang representatif yang telah digunakan pada babak kualifikasi PON bola voli indoor wilayah Sulawesi beberapa waktu lalu.

“Berkat Pak Bupati kita sudah memiliki fasilitas olahraga representatif yaitu GOR Tombolotutu, tentunya itu akan membakitkan olah ragabola voli di Kabupaten Parigi Moutong,”ujar Faisan.

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan selama tiga hari yakni tanggal 24-26 September 2023 berkat Kerjasama Pengkab PBVSI Kabupaten Parigi Moutong dengan Pengprov PBVSI Sulawesi Tengah. AJI