RAYA- Sebanyak 141 peserta didik SDN 13 Banawa mengikuti  kegiatan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap (P4GN) yang diselenggarakan oleh sekolah itu, pekan kemarin.

Kegiatan ini merupakan langkah konkret dalam upaya meminimalisir penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah, menciptakan generasi muda yang tahan terhadap godaan narkoba, dan mewujudkan lingkungan belajar yang aman dan sehat.

Narasumber utama kegiatan ini adalah Markus, S.Kep., Ns., seorang Penyuluh Narkoba Ahli Muda dari Badan Narkotika Nasional () Kabupaten . Markus, memulai sesi pemaparan materi dengan mendefinisikan narkoba sebagai zat-zat berbahaya yang dapat merusak tubuh dan pikiran manusia. Ia juga membagikan pengetahuannya tentang jenis-jenis narkoba yang perlu diwaspadai, mulai dari ganja hingga obat-obatan terlarang, serta efek buruk yang dapat ditimbulkannya jika digunakan tanpa bijak.

Selain itu, Markus menjelaskan faktor-faktor penyebab penyalahgunaan narkoba, yang melibatkan berbagai aspek seperti tekanan sosial, lingkungan yang tidak sehat, dan kurangnya pemahaman tentang bahaya narkoba. Ia juga memberikan penting tentang tanda dan gejala penyalahgunaan narkoba yang perlu diwaspadai oleh siswa-siswi.

Dalam atmosfer yang penuh perhatian, Markus menggambarkan berbagai perubahan perilaku dan fisik yang mungkin muncul pada seseorang yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Efek dari penyalahgunaan narkoba juga menjadi fokus utama pemaparan. Markus memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana narkoba dapat merusak tubuh dan pikiran seseorang, mengganggu hubungan sosial, dan merusak peluang masa depan. Ia menyoroti kenyataan bahwa penyalahgunaan narkoba bukan hanya masalah individu, tetapi juga masalah masyarakat yang harus ditangani bersama.

Setelah sesi pemaparan materi yang penuh wawasan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para siswa-siswi dengan antusias mengajukan pertanyaan kepada Markus, mencari pemahaman yang lebih dalam tentang bahaya narkoba, serta mencari solusi dalam menghindarinya.

Markus dengan sabar menjawab semua pertanyaan mereka dan memberikan panduan praktis tentang bagaimana menghindari godaan narkoba dan mengambil keputusan yang bijak.ENG