RAYA –  Pengurus Esports Indonesia (ESI) Kabupaten Poso, telah menyerahkan data base atlet Esports yang akan mengikuti seleksi tim Pra PON 2024.

Data base diserahkan ke pengurus ESI Provinsi Sulteng untuk divisi yang dipertandingkan yaitu Free Fire (FF), PUBG, Mobile Legend, dan E-Football PES.

Bidang Organisasi ESI Poso, Nita Ruslan mengatakan, data base yang dikirim merupakan atlet Esports Poso menjuarai turnamen-turnamen yang digelar ESI Poso dalam kurun dua tahun terakhir.

“Jadi data base yang kami serahkan itu para atlet Esports Poso yang ikut seleksi PON 2024 dari berbagai macam divisi seperti FF, PUBG, Mobile Legends dan E-Football Pes, mereka itu yang juara di turnamen ESI Poso,” kata Nita, Selasa (5/9/2023).

Untuk kabupaten Poso, yang ikut seleksi divisi PUBGM Tim PST (Poso Kota), GG Clothing (Poso Kota). Divisi Mobile Legends ada Summer Team (Poso Kota),  dan Golden Roses (Tentena).

Divisi Free Fire tim Poso GRG (Poso Kota), SMT NO Mercy (Tentena). Sementara Divisi E-Football PES atlet bernama Imam Silawane (Poso Kota) dan Arkan Pakaya (Poso Kota).

Ketua Harian ESI Sulteng, Ishak Basir menyampaikan, pengurus provinsi telah mengundang tim Esports perwakilan dari seluruh kabupaten dan kota se-Sulteng untuk mengikuti seleksi tim Pra PON 2024. Seleksi akan dilaksanakan online pada 5-7 September 2023.

“Cabang olah raga Esports akan dipertandingkan resmi PON 2024 di Provinsi Aceh dan Sumut. Kita harapkan dari seleksi ini muncul atlet-atlet Esports yang siap memberikan medali bagi Sulteng,” harapnya.

Menurutnya, Esports Sulteng memiliki gamer handal dan berpotensi medali. PON 2021 lalu, tim Sulteng berhasil meraih juara divisi Free Fire. Dan baru-baru ini, atlet Sulteng Boycil masuk dalam tim PUBG Asian Games 2023 dan berhasil meraih medali emas, bahkan masuk ke tim ternama Indonesia Bigetron Red Villains.

“Seleksi tahun ini kita harapkan betul-betul ketat agar muncul tim-tim yang berpengalaman yang akan mewakili provinsi Sulteng tim Pra PON. Kita harapkan banyak divisi game yang bisa lolos PON,” ujar Ishak Basir.

Pra PON atau Babak Kualifikasi PON cabor Esports akan dilaksanakan 11 September 2023.

Pertandingan akan dilaksanakan secara online. Sulteng nantinya bertemu dengan peserta se-zona Sulawesi.

Frangky Piyong, Ketua Bidang Atlet dan ESI Sulteng menambahkan, seleksi dilaksanakan terbatas secara online. Divisi yang dipertandingkan yaitu Free Fire, PUBG, Mobile Legend, E-Football PES dan Lokapala. Pesertanya berasal dari tim dari perwakilan kota dan kabupaten setiap divisi.

“Tim yang diundang sudah ada berdasarkan data base yang kita miliki. Tim akan bertanding secara online. Yang juara akan mewakili Sulteng dan membawa nama Sulteng di PON 2024,” ucap Frangky. SYM