RAYA – Sebagai wujud kepedulian terhadap dunia kesehatan secara menyeluruh utamanya di Kabupaten Morowali, PT Indonesia Morowali Industrial Park () menggelar aksi donor darah di Aula Serbaguna kantor PT IMIP, Jumat (18/8/2023). Aksi donor darah ini juga merupakan rangkaian dari semarak HUT ke-78 RI yang dilaksanakan di Kawasan Industri IMIP.

Mewakili manajemen PT IMIP, Management Operational Suport, Yulius Susanto mengatakan, aksi-aksi seperti ini (donor darah) adalah bagian dari komitmen perusahaan pada sektor kesehatan masyarakat. Apalagi, kata dia, tak hanya menggelar di dalam Kawasan Industri IMIP saja, tapi juga dilakukan pada lingkup masyarakat umum. Sehingga tak hanya karyawan di Kawasan Industri IMIP saja, namun masyarakat umum juga dapat ikut ambil bagian dalam aksi positif tersebut.

“Perusahaan akan terus bergandengan tangan dengan pemerintah daerah, PMI sebagai garda terdepan, utamanya masyarakat secara menyeluruh, untuk melakukan aksi-aksi positif seperti kegiatan donor darah hari ini. Apalagi perlu diketahui bahwa ini merupakan bentuk komitmen kami untuk terus menyelenggarakan aksi-aksi positif yang dapat berdampak baik untuk masyarakat,” jelas Yulius Sutanto.

Di tempat yang sama, dalam sambutannya Sekretaris Camat Bahodopi, Arsan mengatakan, masalah yang sampai hari ini belum dapat diakomodir oleh pemerintah adalah ketersediaan pasokan darah untuk pasien-pasien yang membutuhkan.

Sehingga, aksi-aksi seperti ini (donor darah) sangat penting dilakukan, setidaknya dapat membantu untuk mencukupi ketersediaan pasokan darah pada rumah sakit atau unit pelayanan kesehatan yang membutuhkan.

“Pemerintah tentu sangat mengapreasi seluruh yang mau dengan suka rela mendonorkan hal yang sangat penting bagi mereka. Tentunya kegiatan seperti ini sangat penting bagi kita agar pasokan kebutuhan darah kita bisa tercukupi dan dapat membantu banyak orang hanya dengan kita meluangkan waktu kita sedikit untuk melakukan donor darah,” kata Arsan.

Sementara, Ketua PMI Bahodopi, Yopi Sabara mengatakan, aksi donor darah yang rutin dilakukan oleh PT IMIP ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kantong darah di Bahodopi, Morowali. Bahkan diharapkan, lanjutnya lagi, melalui aksi donor darah yang rutin dilakukan juga bisa dimanfaatkan oleh wilayah lain di Indonesia.

“Data yang diperoleh oleh PMI, setiap bulannya Indonesia membutuhkan setidaknya 5,1 juta kantong darah. Namun, setiap bulannya juga kita hanya bisa menghasilkan sekitar 4 jutaan kantong saja. Sisanya, tidak dapat digunakan karena tercemar dan atau karena problem lainnya. Maka dari itu, kita berharap bahwa aksi seperti ini terus digalakkan guna membantu mereka yang membutuhkan,” urai Yopi.

Target dalam aksi donor yang diselenggarakan sehari itu akan mengumpulkan 350 kantong darah. *BMG