SULTENG RAYA – PT (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo sukses mengawal pasokan listrik dalam rangkaian peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Manado.
Pasokan listrik berlapis demi terjaganya keandalan telah disalurkan demi mendukung khidmatnya pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera serta Peringatan Detik-detik Proklamasi hingga upacara Penurunan Bendera pada Kamis (17/8/2023).
General Manager PLN UID Suluttenggo, J.A Ari Dartomo mengatakan listrik pada lokasi-lokasi strategis peringatan kemerdekaan sudah diperkuat dengan pasokan listrik berlapis. “Kami siagakan sistem kelistrikan, peralatan dan petugas. Seluruhnya siaga penuh supaya peringatan Kemerdekaan Indonesia berjalan khidmat tanpa ada listrik kedip,” kata Dartomo.
Guna memperkuat kelistrikan pada momen tersebut, PLN menyiapkan sejumlah peralatan pendukung yang berlapis tersebar di 3 Provinsi yakni Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo. “PLN selalu memberikan support dan all out untuk mengamankan pasokan kelistrikan melalui suplai dari Uninterruptible Power Supply (UPS) serta genset hingga peralatan lainnya sehingga keamanan kelistrikan berlapis terjaga dalam momen peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia,” tambah Dartomo.
Sebelumnya, PLN juga intens melakukan koordinasi baik secara internal melalui Checkpoint kesiagaan maupun eksternal dengan pihak-pihak terkait, serta melakukan tahapan simulasi untuk memastikan peralatan pendukung dan jaringan listrik dalam kondisi baik, sehingga tidak terjadi gangguan selama acara berlangsung. “Segenap Manajemen dan Seluruh Pegawai mengucapkan Selamat Hari Kemerdekaan RI ke-78, melalui pasokan listrik dengan kualitas untuk seluruh masyarakat PLN siap terus melaju untuk indonesia maju,” jelas Dartomo.
Sementara, Asisten 1 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Denny Mangala selaku Ketua Panitia Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Sulawesi Utara mengapresiasi kepada PLN atas support penuh selama rangkaian kegiatan berlangsung. “Terima kasih PLN. Dengan adanya backup suplai listrik yang terpasang di sejumlah lokasi vital membuat kami merasa lebih tenang dan nyaman melangsungkan acara,” kata Denny.
Pasokan listrik yang andal menjadi komitmen PLN untuk terus berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. PLN akan selalu siap mendukung berbagai kegiatan penting terutama dalam moment peringatan HUT RI ke-78 yang menjadi agenda nasional di berbagai wilayah. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore. */HJ