RAYA – Satuan Narkoba Parigi Moutong () membentuk Kampung Tangguh Bebas Narkoba di Desa Baliara Kecamatan Parigi Barat, Selasa (8/8/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba Polres Parigi Moutong, Iptu Nasir Mangaseng, SH,MH didampingi KBO Narkoba Ipda Gigih Winanda,SH serta dihadiri oleh Kepala Desa Baliara, Fadli Badja, dan Kabid Fakir Miskin Dinas Sosial Parigi Moutong,Syafrudin, SSos.

Kasat Narkoba Polres Parigi Moutong, Nasir Mangaseng mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjadikan Desa Baliara bebas narkoba  untuk mendukung program pemerintah dalam memberantas peredaran narkoba yang dapat merusak generasi penerus bangsa khususnya di wilayah hukum Polres Parigi Moutong.

“Melalui pembentukan Kampung Tangguh Bebas Narkoba diharapkan menjadi benteng untuk meredam peredaran narkoba yang semakin hari semakin marak hingga ke wilayah pedesaan. Kita berharap generasi muda kita kedepan terbebas dari bahaya narkoba,”ujar Nasir.

Turut hadir pada kegiatan itu, Sekdes Baliara, Anjas, SSos, Babinkamtibmas Aipda Zulikifli, Babinsa, Serda Robi Kurniawan, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, Remaja Islam Desa Baliara tokoh masyarakat  serta siswa SMP dan SMA.

Pada kesempatan itu Nasir Mangaseng juga menyerahkan bantuan bantuan alat masak gula aren kepada salah seorang warga Desa Baliara, Abdullah.

Nasir menjelaskan, penyerahan bantuan itu bertujuan untuk membantu masyarakat yang semula mengolah air pohon aren menjadi minuman keras berupa Cap Tikus (CT) beralih mengolah air pohon aren menjadi gula aren (gula aren).

“Kami mengimbau masyarakat agar tidak lagi memproduksi minuman keras Cap Tikus dari air pohon aren karena itu  bisa menimbulkan tindak . Kami berharap masyarakat mengolah air pohon aren menjadi gula aren yang lebih bermanfaat bagi masyarakat,”jelasnya. AJI