RAYA – Pasca ditetapkannya Kabupaten Parigi Moutong sebagai kabupaten durian, Bupati Parigi Moutong, Samsurizal melakukan gerak cepat menyambangi sejumlah kabupaten di Provinsi Gorontalo untuk menjajaki kerjasama multi sektor khususnya pengembangan budidaya durian.

Kabupaten pertama yang dikunjungi Samsurizal adalah  Kabupaten Pohuwato yang berbatasan langsung di ujung utara wilayah Kabupaten Parigi Moutong. Lawatan tersebut merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya Pemda Pahuwato mengunjungi Kabupaten Parigi Moutong beberapa waktu lalu.

Bupati Samsurizal bersama rombongan diterima oleh Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga di rumah jabatan (rujab) Bupati Pohuwato, Senin (7/8/2023).

Dalam kunjungan tersebut kedua kepala daerah membahas sejumlah isu strategis terkait rencana kerjasama antara kedua daerah yang ditandai dengan penendatangan sejumlah oleh masing-masing Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diantaranya bidang , pembangunan kesehatan, perhubungan, ketahanan pangan, dan penegakan perda melalui Satuan Pamong Praja.

Dengan adanya kerjasama antara kedua daerah ini diharapkan membawa perubahan besar terhadap iklim dan arah politik yang dinamis guna mensejajarkan kesejahteraan masyarakat dalam menjawab tantangan pembangunan nasional dan global.

Dalam rangka penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien serta saling menguntungkan antar daerah, perlu dibentuk perjanjian kerja sama tentang fasilitasi pengembangan di lima sektor tersebut.

Perjanjian kerja sama itu sebagai bentuk mensinergikan program-program pembangunan antar Pemda Parigi Moutong dengan Pemda Pohuwatu dalam mendukung peningkatan perekonomian serta stabilisasi di kedua daerah.

Pada kesempatan itu, Bupati Samsurizal menegaskan, bahwa diakhir masa jabatannya Dia menginginkan rencana strategis yang telah dibangun tersebut momentum bersama untuk dapat dilanjutkan pada masa kepemimpinan bupati yang akan datang. Bahwasanya apa yang telah dilakukannya dapat dimaknai secara menyeluruh sebagai dasar dalam melakukan arah kebijakan Pemda Parigi Moutong dalam hal investasi dan kerjasama antar daerah.

Usai berkunjung ke Kabupaten Pohuwato, masih di hari yang sama, Bupati Samsurizal bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Boalemo. Bupati Samsurizal diterima oleh Bupati Boalemo, Dr. Sherman Moridu SPd, MM dan jajaran unsur Pemerintah Daerah Boalemo di rujab Bupati Boalemo.

Dalam kesempatan itu, Pemda Parigi Moutong menjalin kerja sama dengan Pemda Boalemo dalam pembangunan investasi pertanian dan pemasaran produk unggulan yang terdapat di kedua daerah. Mengingat adanya persamaan karakteristik, sehingga kerjasama ini dianggap perlu untuk dibangun guna menumbuhkan keterbukaan antara kedua daerah terhadap rencana pembangunan yang akan dilaksanakan.

Salah satu isu yang didorong adalah pengembangan kerjasama di bidang pertanian khususnya pada produk buah durian. Kedua Daerah diminta untuk mengikutsertakan peran sebagai pelaku usaha untuk mendapatkan peluang pasar atau terhadap daerah yang akan menjadi pemasok komoditi durian.

Olehnya, Bupati Samsurizal berharap, kerjasama yang dibangun dapat menguntungkan bagi kedua daerah. Menurutnya,  kerjasama tersebut juga berguna untuk membuka lapangan kerja dan pendapatan asli daerah.

Parigi Moutong dengan karakteristik geografisnya yang kaya akan hasil alam dan komoditi unggulan daerah perlu mendapat dukungan dari daerah yang wilayahnya berbatasan langsung guna menguatkan iklim investasi dan politik. Momentum itulah yang diambil oleh Bupati Samsurizal dalam membawa misi kesejumlah daerah di wilayah Provinsi Gorontalo.

Turut mendampingi Bupati Parigi Moutong, Ketua TP-PKK, Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu dan sejumlah Kepala OPD di jajaran Pemda Parigi Moutong. */AJI