RAYA  – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Andi Agtas, melaksanakan sosialisasi mengenai 4 pilar kebangsaan di Desa Santigi, Kabupaten Tolitoli. Acara ini digelar di gedung Balai Desa dengan dihadiri oleh seratus orang dari berbagai lapisan masyarakat Desa Santigi, termasuk tokoh masyarakat dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Santigi pada 28 Maret 2023 yang lalu.

Dalam sambutannya, Supratman Andi Agtas mengungkapkan pentingnya penerapan 4 pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari di tengah kemajemukan masyarakat. Menurutnya, penerapan 4 pilar kebangsaan ini merupakan pondasi yang menjaga keutuhan masyarakat selama lebih dari 70 tahun sejak kemerdekaan Indonesia.

Dalam kegiatan ini, Irfan Abdul Azis hadir sebagai pemateri yang menjelaskan secara rinci mengenai empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. Irfan Abdul Azis memberikan penjelasan yang komprehensif mengenai -nilai dan prinsip-prinsip yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan tersebut.

Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat Desa Santigi tentang pentingnya memperkokoh dan mempertahankan nilai-nilai kebangsaan. Dengan memahami 4 pilar kebangsaan, diharapkan masyarakat dapat menjaga persatuan, kesatuan, dan harmoni dalam kehidupan sehari-hari, serta mampu berperan aktif dalam pembangunan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Acara sosialisasi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab antara peserta dan pemateri, sehingga peserta dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai 4 pilar kebangsaan.

“Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat positif dan berkelanjutan dalam memperkuat semangat kebangsaan di Desa Santigi serta mendorong kesadaran akan pentingnya memelihara keberagaman sebagai kekuatan bangsa,” ujar Irfan Abdul Azis. *WAN