RAYA – Wakil Bupati (Wabup) Banggai, H. Furqanuddin Masulili membuka forum pemangku kepentingan Program Sekolah Penggerak (PSP) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang diselenggarakan oleh Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sulteng, di salah satu hotel di Kota Luwuk, Kamis (8/6/2023).

Kegiatan yang mengusung tema, Membangun Komitmen Bersama Meningkatkan Mutu Pendidikan, itu dihadiri sebanyak 186 peserta yang terdiri dari Program Sekolah Penggerak Angkatan I dan Program Sekolah Penggerak Angkatan II terdiri dari Kepala Sekolah, Guru dan Pengawas.
Dalam sambutannya Wabup Banggai menyampaikan, ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya atas penyelenggaraan kegiatan ini. Kita berharap program ini akan membawa banyak manfaat bagi pemerintah di daerah, khususnya di Kabupaten Banggai.

“Saya berharap, PSP akan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di sekolah, dan juga membuat pelajaran lebih menarik dan menyenangkan, juga mempercepat peningkatan mutu pendidikan di daerah dan memberikan peluang untuk mendapatkan sebagai daerah penggerak pendidikan dan menjadi daerah rujukan praktek,” kata Wabup.

Keberadaan beberapa sekolah di Kabupaten Banggai yang belum ada kader-kader dari guru penggerak lanjutnya, ini akan menjadi ironis, bilamana ternyata justru dari sekolah-sekolah ini yang lebih baik kualitasnya dari sekolah-sekolah yang sudah ada kader-kader guru penggerak.

“Ini menjadi tantangan bagi bapak dan ibu yang sudah mendapatkan sertifikasi, olehnya itu, janganlah program ini hanya dijadikan sebagai ajang merebut sertifikat, akan tetapi harus bisa memberikan pengimbasan atau menularkan kepada yang lainnya yang belum mengikuti program ini,” tegas Wabup.
Wabup berharap, peningkatan kualitas guru harus terus ditingkatkan. Kepada Balai Penjaminan Mutu Pendidikan, agar terus melakukan monitoring dan mengevaluasi, sejauh mana implementasi atau aktualisasi dari program yang telah membutuhkan biaya besar ini.

Kegiatan itu dilanjutkan dengan Wabup Banggai bersama Ketua DPRD Banggai dan stakeholder lainnya melakukan penandatanganan membangun komitmen bersama meningkatkan mutu pendidikan. */MAN