RAYA – Wali , , didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota , dr Rochmat Jasin, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di UPTD Puskesmas Mamboro, Rabu (7/6/2023).

Sidak tersebut dilakukan sebagai respon dari laporan masyarakat terkait sistem pelayanan Puskesmas Mamboro yang dinilai lamban.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Hadianto menekankan, suka atau tidak suka, sudah konsekuensi sebagai pelayan untuk memberikan pelayanan yang cepat, apalagi terhadap orang sakit.

“Kalau misalnya metode lambat dan bermasalah, maka kita lari ke metode konvensional. Pokoknya harus cepat,” ujar Wali Kota.

Karena, kata dia, hal tersebut berkaitan dengan pelayanan. Apabila ada petugas Puskesmas sedang dalam keadaan psikologi tidak baik atau kurang sehat, sebaiknya mundur dan digantikan petugas lainnya.

“Karena pelayanan itu tidak hanya cepat, tetapi bagaimana keramahtamahan dari petugasnya juga dibutuhkan. Kalau sudah ramah tamah dan cepat, sudah nomor satu itu,” ucapnya.

Wali Kota Hadianto meminta kepada Kepala Puskesmas Mamboro agar lebih jeli memperhatikan hal tersebut.

“Jangan karena ketidakmampuan petugas, kemudian dipaksakan, akhirnya berpengaruh terhadap pelayanan,” ucapnya.

Ia menerangkan, keluhan soal lambatnya sistem pelayanan di Puskesmas Mamboro telah berulang terjadi. Bahkan, sebelumnya Kepala Puskesmas Mamboro sudah pernah diganti sebagai buntut keluhan masyarakat.

“Laporan terkait Puskesmas Mamboro ini berulang-ulang, sampai akhirnya kepala Puskesmasnya saya ganti. Ini masuk lagi laporan. Jangan ada lagi laporan-laporan seperti itu, tidak mau saya. Ini menjadi perhatian bagi kita semua. Layani masyarakat dengan sebaik-baiknya dan secepat-cepatnya,” tuturnya.HGA