RAYA – Tidak diragukan lagi, hari-hari dalam menjalankan tugasnya di wilayahnya masing-masing, para Babinsa memiliki tanggung jawab yang sangat mulia terhadap kondisi kekinian yang dihadapi oleh masyarakat.

Namun demikian, besarnya tantangan ini mampu dijawab oleh para Babinsa untuk terus berkarya tanpa mengenal lelah demi kepentingan masyarakat di zona kerja para Babinsa itu sendiri.

Karya nyata para Babinsa itu dapat kita lihat antara lain, Babinsa Desa Taipa Kecamatan Pamona Barat, Kabupaten Poso, Koptu Rapid, anggota Koramil 1307-11, Pamona Selatan, bersama dengan masyarakat setempat bergotong-royong membangun pondasi rumah layak huni buat warga setempat yang diketahui bernama Neni Lelanuarsi, Ahad (28/5/2023).

Dikatakan Koptu Rapid, untuk biaya material bangunan, merupakan bantuan dari pemerintah desa. Sementara, untuk proses pembangunannya, kami bergotong gotong bersama semua komponen yang ada desa.

Ditempat lain, pada Senin 29 Mei 2023,  di lokasi persawahan milik kelompok Tani Salubanca, Desa Tolambo, Kecamatan Tenggara, Kabupaten Poso, Babinsa Kopda Riways Gulinda bersama dengan kelompok tani setempat menggelar kerja bakti bersama dalam rangka pembuatan irigasi.

Kata Kopda Riways, kegiatan ini berupa pembuatan saluran irigasi yang nantinya dapat digunakan kelompok tani untuk memenuhi kebutuhan air untuk areal persawahan masyarakat dan kelompok tani. “Kita berharap, dengan adanya irigasi ini, dapat memenuhi kebutuhan air untuk persawahan warga, sehingga bisa memperoleh panen yang maksimal,” jelas Babinsa Kopda Riways.

Sebelumya, pada Sabtu 27 Mei 2023, dalam rangka berkontribusi pada ketahanan pangan di masyarakat, anggota Koramil 1307-11/Pamona Selatan, Kabupaten Poso, Sertu Erichson. R, Babinsa Desa Amporiwo, melaksanakan Kegiatan Pendampingan Ketahanan Pangan Tahap Panen di hamparan sawah Kelompok Tani Sinar Tani yang merupakan  lahan milik Bapak Jufri Tokio dengan luas Sawah 0,50 Ha.

Selain itu, tampak hadir dalam kegiatan tersebut anggota kelompok lainya yakni Apris dan Boaan Alfons.

Terkait karya pengabdian jajarannya di masyarakat, komandan kodim 1307/Poso, Letkol (Inf), Hasroel Tamim melalui PLH Koramil 1307- 11- Pamona Selatan, Serma Wayan Suartika sangat mengapresiasi langkah dan kerja nyata para Babinsanya yang telah berbuat dan akan terus berbuat untuk keberpihakan kepada kepentingan masyarakat untuk seluruh bidang kehidupan.

“Intinya, pimpinan pasti mengapresiasi terkait upaya yang telah dan akan dilakukan para Babinsa untuk masyarakat,” kata Serma Wayan Suartika melalui rilisnya.

Ditambahkan Serma Wayan, ini juga bagian dari upaya menjawab secara kongkrit harapan dan instruksi  Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, agar setiap personel TNI AD, bisa menjadi solusi bagi masyarakat. SYM