RAYA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai mempersiapkan diri dalam rangka rencana kunjungan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian di Kabupaten Banggai, Rabu (24/5/2023).

Panitia kunjungan Mendagri yang dipimpin Kadis Ketahanan Pangan, H. Alfian Djibran mengatakan, kami sudah melakukan kunjungan ke Pulo Dua di Kecamatan Balantak Utara dan disana tim telah memastikan lokasi kunjungan dan tempat penginapan yang strategis. Tim juga telah memastikan dua hotel penginapan dengan fasilitas 14 kamar, nantinya akan ditambah dengan persiapan 10 rumah warga sekitar.

“Sehubungan masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi. Sebelum menuju Pulo Dua, tim mampir di pelabuhan Desa Bonebobakal, Kecamatan Lamala, untuk memastikan kesiapan pelabuhan ini bila rombongan Mendagri akan masuk ke wilayah ini,” kata Alfian.

Ada tempat penginapan yang lebih representatif kata Alfian, akan tetapi menurut pemilik penginapan, tempat itu sudah dibooking oleh turis Australia disaat jadwal waktu tersebut. Kelihatannya pemilik penginapan itu, tidak ingin mengorbankan reputasi Kabupaten Banggai dan Indonesia tentunya dimata orang-orang luar hanya karena ada pembatalan pesanan tempat.

“Saya mohon kerjasama bagi OPD lainnya yang masuk dalam kepanitiaan maupun tidak termasuk yang ada di kecamatan, untuk turut berpartisipasi membantu kelancaran demi kesuksesan dan kelancaran kunjungan Mendagri di Kabupaten Banggai. Saya percaya, kesiapan kita dengan bimbingan Bupati, Wakil Bupati dan Sekab, Insya Allah akan sukses,” ujarnya.

Pada Rabu (24/5/2023) kemarin, Tim Persiapan telah menuju Desa Mantawa, Kecamatan Toili Barat untuk memastikan kesiapan di lokasi panen raya nantinya.

Diketahui, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan melakukan kunjungan ke Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka kunjungan Panen Raya. Rencananya, kunjungan tanggal 1 Juni 2023 akan dilaksanakan di lokasi Panen Raya Mantawa Kecamatan Toili Barat. Selanjutnya, tanggal 2-3 Juni 2023, Mendagri dan rombongan akan berada di Pulo Dua Kecamatan Balantak Utara. */MAN