RAYA- Tim Penilai Siskamling dari Polresta , Selasa (25/4/2023) malam berkunjung ke Pos Kamling RT 004/RW 006 Kelurahan Pengawu. Pos Kamling tersebut menjadi Pos Kamling perwakilan Kelurahan Pengawu Kecamatan Tatanga, yang dikunjungi oleh tim penilai.
Tim penilai Polresta Palu yang berkunjung ke Pengawu dipimpin langsung oleh ketua tim penilai, AKP Sugeng Priyono yang juga Kasat Binmas Polresta Palu.

Saat itu Kasat Bimas didampingi oleh Wakasat Bimas Polresta Palu AKP Awaludin Tahapari dan beberapa anggota tim penilai lainnya. Hadir pula saat itu, Babin Kamtibmas Kelurahan Pengawu, Bripka Deni dan Anggota Satgas Pancasila Basri Paliudju.

Kehadiran tim penilai Polresta Palu diterima langsung oleh Bendahara RT 004/RW 006 Pengawu, Hartati.
Selain itu, sejumlah masyarakat yang menggelar Ronda malam juga turut hadir menerima kehadiran tim penilai Polresta Palu, termasuk tokoh masyarakat setempat, diantaranya Anggota , Fery dan Tokoh Agama setempat.

Kepada media ini, Hartati mengatakan, dirinya mewakili Ketua RT 004/RW 006, Hamka yang saat ini sedang dalam perjalanan dari Makassar menuju Kota Palu. Begitu juga Sekretaris RT, Andi Fahrum yang juga sedang dalam perjalanan arus balik dari Kabupaten Tolitoli menuju ke Kota.

“Saya mewakili Ketua RT dan Sekretaris RT menerima kehadiran tim penilai. Beliau berdua sedang dalam perjalanan ke Palu setelah pulang di kampung masing-masing,” jelas Hartati.

Kata Hartati, beberapa perlengkapan ronda, seperti pentungan, senter, mantel, hingga borgol, yang ditanyakan oleh tim penilai, semua dimiliki oleh Pos kamling RT004/RW 006 Pengawu. “Kami juga sampaikan bahwa setiap malam, ada Ronda di RT kami ini. Tentu ini bermanfaat dalam menjaga keamanan di lingkungan kami,” jelas Hartati.

Kata Hartati lagi, Pos Kamling bagi warga RT 004/RW 006, umumnya bagi warga Kelurahan Pengawu sangatlah penting, dengan tujuan selain untuk menjaga keamanan lingkungan sekitar, juga sebagai sarana dalam pemberdayakan warga.

“Pos Kamling ini juga jadi sarana silaturahmi. Setiap saat kami juga menggelar makan bersama secara rutin di pos kamling, kami juga berupaya menjadikan pos kamling menjadi pos ,” jelasnya.
Sementara Anggota Bawaslu Kota, Fery mengatakan, Pos kamling, selain untuk menjaga keamanan lingkungan, juga sangat penting dalam mendorong edukasi bagi warga, khususnya edukasi pendidikan politik seperti pengawasan partisipatif. “Kita mendorong pengawasan partisipatif. Nah, salah satunya kita sosialisasikan melalui pos kamling ini,” ujarnya singkat. ENG